Tingkatkan Kualitas dan Kualifikasi Penguasaan Software, ATC PWK ITN Malang Perdana Buka Pelatihan Software SketchUp

Antonio Heltra Pradana, S.T., M.URP, dosen PWK ITN Malang (atas tengah) saat memberi materi untuk kalangan umum pada International Training SketchUp ATC PWK ITN Malang lewat sambungan Zoom meeting beberapa waktu yang lalu.


Malang, ITN.AC.ID – Keterampilan penguasaan software menjadi hal yang penting di dunia yang serba digital. Penguasaan software dan tools yang baik, akan memberikan solusi yang akurat dan tepat sasaran khususnya di bidang arsitektur, konstruksi, dan perencanaan. Menjawab kebutuhan pasar, maka Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang sebagai satu-satunya SketchUp Authorized Training Center di Jawa Timur mengadakan pelatihan software SketchUp pada beberapa waktu lalu.

Menurut Kaprodi PWK ITN Malang, Dr. Agung Wicaksono, ST, MT, pelatihan ini merupakan awal dari pelatihan yang rencananya akan rutin diadakan oleh Authorized Training Center (ATC) PWK ITN Malang. Untuk mendukung hal tersebut, sebelumnya PWK ITN Malang telah bekerjasama dengan PT ACA Pacific selaku distributor dan Authorized Training Center SketchUp Internasional yang ditunjuk secara langsung oleh Trimble SketchUp.

“Pelatihan rencananya akan kami adakan tiap bulan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kualifikasi penguasaan software SketchUp bagi mahasiswa. Selain untuk mahasiswa PWK ITN Malang, kami juga membuka pelatihan untuk mahasiswa di luar Prodi PWK dan masyarakat umum,” terang Agung saat ditemui di Kampus 1, Senin (23/8/2021).

Baca juga : Komitmen Tingkatkan Kualitas dan Kualifikasi Tenaga Perencanaan, PWK ITN Malang Kerjasama dengan PT ACA-Pacific Indonesia

Pelatihan software SketchUp perdana bagi mahasiswa PWK sudah dimulai pada Kamis – Sabtu, (5-7/8/2021) yang lalu. Dan, bagi kalangan umum telah dilaksanakan pada Kamis-Sabtu, (12-14/8/2021), yang diikuti oleh beberapa mahasiswa dari S-2 arsitektur dan interior ITB, PWK Universitas Brawijaya, dan alumni desain UB.

Kepala Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITN Malang, Dr. Agung Wicaksono, ST MT. (Foto: Yanuar/humas)

Peserta yang mengikuti pelatihan dilatih secara langsung oleh Antonio Heltra Pradana, S.T., M.URP, dosen PWK ITN Malang yang telah memiliki sertifikat Trainer Internasional software SketchUp. Salah satu materi latihannya adalah software desain dan keterampilan mengintegrasikan proses perencanaan dan desain. Mulai dari kajian awal hingga penyampaian hasil rencana dalam bentuk 2D maupun 3D, serta visualisasi animasi/video kasus perkotaan.

Dikatakan Heltra, sapaan akrab Antonio Heltra Pradana, seluruh kurikulum pelatihan menggunakan standar kurikulum internasional yang dikeluarkan langsung oleh Trimble SketchUp. Sehingga, peserta yang telah mengikuti pelatihan software SketchUp di ATC PWK ITN Malang juga berhak mengikuti International Certification.

“Peserta yang telah mengikuti pelatihan nantinya akan menyandang status sebagai SketchUp Certified User. Mereka akan berpeluang dapat menggunakan keterampilan software untuk memperluas kesempatan bekerja sampai ke level internasional,” jelasnya.

Baca juga : Mahasiswa ITN Malang Kenalkan Tata Ruang Lewat ‘Q-Taru’

Kerjasama dengan PT ACA Pacific akan berlangsung 5 tahun, dimana pelatihan dan sertifikasi keterampilan software akan dievaluasi berkala setiap tahunnya. Dengan demikian menurut Heltra, PWK ITN Malang dapat turut secara aktif mengambil bagian dalam peningkatan penguasaan software khususnya SketchUp dalam bidang arsitektur, konstruksi, dan perencanaan baik bagi internal ITN Malang maupun kalangan umum. (me/Humas ITN Malang)

 371 total views,  3 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC