Teknik Informatika S-1 Gandeng Tiga Kampus dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Kaprodi Teknik Informatika S-1 ITN Malang, Suryo Adi Wibowo, ST., MT saat ditemui di Kampus 2 ITN Malang, Jumat (17/9/2021). (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Baru-baru ini Prodi Teknik Informatika S-1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menjalin kerjasama dengan tiga kampus sekaligus. Yakni, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM Medan), Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, dan Aikom Ternate.

Ketua Program Studi Teknik Informatika S-1 ITN Malang, Suryo Adi Wibowo, ST., MT., mengatakan, kerjasama tersebut merupakan bagian implementasi dari perkuliahan atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Yang merupakan bagian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai upaya membantu pemerataan pendidikan di Indonesia.

“Dengan program PJJ ini kampus bisa saling bekerjasama dalam bidang pendidikan. Kerjasama nantinya tidak hanya dalam hal pembelajaran saja. Dalam perjanjian kerjasama kami juga akan bekerjasama dalam jurnal penelitian dan abdimas sebagai pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi,” jelas Adi sapaan akrab Suryo Adi Wibowo, saat ditemui di Kampus 2 ITN Malang, Jumat (17/9/2021).

Untuk mendukung program PJJ, Teknik Informatika telah bekerjasama dengan Akademi Ilmu Komputer (Aikom) Ternate pada Agustus 2021 yang lalu. Prodi yang bekerja sama yakni Teknik Informatika dan Manajemen Sistem Media Informasi. Sedangkan Stikom Medan yang bekerjasama adalah Prodi Teknik Informatika dan Manajemen Sistem Informasi. Dan, dengan UTS Sumbawa hanya bekerjasama dengan Teknik Informatika.

Baca juga : ITN Malang dan Akademi Ilmu Komputer (Aikom) Ternate Jalin MoU untuk MBKM dan Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Menurut Adi, mahasiswa ketiga universitas mitra sangat antusias dalam mengikuti program PJJ di Teknik Informatika ITN Malang. Ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar. “Mereka akan bergabung untuk kuliah di Teknik Informatika ITN Malang. Perkuliahannya sendiri akan dimulai tanggal 20 September nanti secara daring. Total mahasiswanya cukup banyak yang mendaftar, jadi kami secepatnya akan berkoordinasi dengan rektor dan wakil rektor bidang akademik,” lanjut Adi.

Suasana MoU antara ITN Malang dan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM Medan), dan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Sumbawa Besar.  (Tangkapan layar zoom meeting)

Selain program PJJ, Teknik Informatika ITN Malang juga akan melakukan pertukaran pelajar dengan Universitas Ma Chung Malang. Akan ada empat mahasiswa yang akan melakukan pertukaran pelajar baik dari Teknik Informatika ITN Malang maupun dari Ma Chung.

Baca juga : ITN Malang dan Akademi Ilmu Komputer (Aikom) Ternate Jalin MoU untuk MBKM dan Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

“Untuk pertukaran pelajar dengan Ma Chung khusus semester 5 dan 7. Harapannya baik PJJ maupun pertukaran pelajar betul-betul menjadi manfaat bagi kita semua. Bisa berbagi ilmu, bekerjasama, saling tukar-menukar pengalaman, dan tentu harapan kami kerjasama ini bisa berlanjut di masa akan datang,” tutup Adi yang juga menginformasikan, bahwa Teknik Informatika saat ini sedang menunggu konfirmasi kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) STIKMA Internasional Malang. (me/Humas ITN Malang)

 246 total views,  3 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC