Kolaborasi ITN Malang – Pemkab Malang Kuatkan Teknologi Digitalisasi Desa

Rektor ITN Malang Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE (kanan) dengan Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M, menunjukkan MoU usai ditandatangani, di Pringgitan Kabupaten Malang, Rabu (06/10/2021). (Foto: Yanuar/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Keinginan Pemerintah Kabupaten Malang menerapkan teknologi ke seluruh desa di wilayah Kabupaten Malang didukung oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Kolaborasi ITN Malang dengan Pemkab Malang diwujudkan dalam penandatanganan kesepahaman bersama oleh Rektor ITN Malang Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE dengan Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M, di Pringgitan Kabupaten Malang, Rabu (06/10/2021).

Bupati Malang, Sanusi mengatakan, MoU antara Pemkab Malang dengan ITN Malang bukan kali pertama dilaksanakan. Namun sudah kesekian kalinya. Untuk kerjasama kali ini ITN Malang akan membantu pada penerapan teknologi khususnya energi baru terbarukan. Seperti mikrohidro, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pemangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

”Kabupaten Malang akan berkolaborasi dengan ITN Malang. Termasuk diantaranya kerjasama mengenai digitalisasi, PLTA dan Panel Surya. Kegiatan secepatnya akan dijalankan setelah adanya perjanjian kerjasama antara OPD terkait dengan dekan (ITN Malang). Semua sektor bisa dikerjasamakan. ITN yang punya teknologi baru, akan diterapkan di masyarakat. Dan ini menjadi kolaborasi antara ITN dengan Kabupaten Malang,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Malang ini.

Menurut Sanusi, perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa setiap pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi.

Dalam kesempatan ini Sanusi juga memberi apresiasi kepada ITN Malang. Pasalnya ITN Malang telah banyak memberikan kontribusi dan komitmennya bagi pembangunan Kabupaten Malang lewat tri dharma perguruan tinggi.

“Kami menilai selama ini ITN Malang telah memberikan kontribusi terbaiknya. Terimakasih kepada ITN dan sekaligus saya memberikan apresiasi tinggi dengan komitmen ITN Malang. Kerjasama ini semakin memperkuat komitmen bersama untuk terus berkiprah memajukan daerah, dan masyarakat Kabupaten Malang. Saya berharap ITN Malang terus menjalin sinergitas positif dengan Kabupaten Malang dengan gagasan, ide inovatif untuk mendukung program daerah,” kata Sanusi.

MoU juga turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr.Ir.Wahyu Hidayat, MM, yang juga alumnus Prodi PWK ITN Malang, jajaran rektorat dan civitas akademika ITN Malang, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Malang.

Baca juga : ITN Malang Dampingi Pemkab Sikka Terkait Pinjaman Daerah Rp 216 M

Sementara itu Rektor ITN Malang Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE dengan tegas ikut mendukung program Pemkab Malang. Apalagi dengan dicanangkannya konsep Smart City, dimana masyarakat didorong agar semakin proaktif dan berinisiatif untuk terlibat dalam pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Suasana di Pringgitan saat Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M, menerima dengan hangat Rektor ITN Malang dan jajarannya. (Foto: Yanuar/humas)

ITN Malang siap mendukung program digitalisasi yang diharapkan oleh Pemkab Malang. Serta membangun pembangkit listrik berskala kecil melalui mikrohidro dan PLTS,” kata Prof Lomi akrab disapa.

Ditambahkan Prof Lomi, apa yang sudah direncanakan pemkab harus terwujud. Daerah-daerah yang berpotensi untuk dibangun pembagkit listrik mikrohidro akan dipetakan. ITN Malang akan mentransformasi teknologi ke desa-desa, sehingga desa bisa berinovasi mengembangkan desanya.

Perlu diketahui, saat ini ada beberapa program ITN Malang sedang berjalan di Kabupaten Malang. Seperti pemberdayaan desa di Desa Panggungrejo, Kecamatan Gondanglegi dengan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Pendampingan SMK Pusat Keunggulan di Singosari, Matching Fund Kedaireka di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, serta pengabdian masyarakat akan menyusul di Kecamatan Singosari.

Baca juga : Bukti Kepercayaan, Pemkab Sumba Barat Kembali Gandeng ITN Malang dalam Penyusunan Kawasan

“Kabupaten Malang sangat luar biasa dalam bidang inovasi. Sinergitas dengan kabupaten akan kami wujudkan dalam implementasi teknologinya. Jadi, Kabupaten Malang akan menjadi kabupaten yang lebih terinovatif,” tandasnya. (me/Humas ITN Malang)

 301 total views,  7 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC