Back

Siap Kuliah Luring, ITN Malang Terima Mahasiswa Beasiswa Utusan Daerah Gowa

Wakil Rektor III ITN Malang Ir. Fourry Handoko, ST SS MT Ph.D IPU, (dua dari kiri) bersama perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, dan mahasiswa beasiswa Pemkab Gowa, Senin (25/10/2021). (Foto: Istimewa) 


Malang, ITN.AC.ID – Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang asal Kabupaten Gowa merasa lega. Akhirnya, setelah penantian satu tahun mereka bisa menginjakkan kaki di Bumi Arema. Ke 10 mahasiswa angkatan 2020-2021 asal Gowa ini merupakan penerima program beasiswa investasi SDM 25 tahun Pemerintah Kabupaten Gowa. Mereka datang ke Kampus Biru didampingi oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Senin (25/10/2021).

Wakil Rektor III ITN Malang Ir. Fourry Handoko, ST SS MT Ph.D IPU, berharap, mahasiswa Gowa lekas bisa beradaptasi baik dengan lingkungan kampus maupun Kota Malang, dan bisa berkuliah dengan baik. Fourry juga mendorong mahasiswa agar setelah lulus dari ITN Malang bisa terus mengembangkan keilmuan dimanapun mereka berada. “Harapannya mahasiswa setelah lulus bisa meneruskan pendidikannya. Dimanapun tidak masalah, jika ingin meneruskan pendidikan di ITN Malang juga ada prodi pascasarjana,” kata Fourry saat menerima mahasiswa beasiswa Pemkab Gowa di Gedung Pascasarjana Kampus 1 ITN Malang.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Pendidikan Dasar Disdik Gowa, Dr Ulfa Tenri Batari, M.Pd, mewakili dinas pendidikan hadir bersama Kabid Pendidikan dan Ketenaga Kependidikan Kabupaten Gowa Dr Syarifuddin Kulle. Ulfa berharap, putra-putri Gowa yang kuliah di ITN Malang ilmunya bisa bertambah. Nantinya mahasiswa tidak hanya belajar formal, namun juga diarahkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan kampus yang bersifat positif.

“Kami menitipkan putra-putri kami untuk dibimbing dan diperhatikan selayaknya mahasiswa lainnya. Kami juga berharap mereka diarahkan untuk mengikuti kegiatan kampus, sehingga potensi diri mereka bisa berkembang,” ujarnya.  

Penyerahan ke 10 mahasiswa asal Gowa kepada ITN Malang secara resmi baru terlaksana akibat pandemi Covid-19. Mahasiswa selama ini juga telah mengikuti kuliah selama satu tahun secara daring. Mereka terbagi beberapa program studi antara lain, Teknik Sipil S-1, Teknik Elektro S-1, Teknik Mesin S-1, dan Teknik Informatika S-1.

Ketua Program Studi Teknik Informatika S-1 Suryo Adi Wibowo ST MT, turut hadir menerima mahasiswa asal Gowa. Adi akrab disapa mengatakan, Teknik Informatika S-1 tahun 2020 menerima lima mahasiswa penerima beasiswa daerah asal Gowa. Mahasiswa asal Gowa diantar ke ITN Malang untuk proses adaptasi terhadap lingkungan kampus setelah selama satu tahun mengikuti perkuliahan daring.

“Sekarang kan sudah mulai persiapan peralihan dari perkuliahan online dan hybrid. Maka dari itu mahasiswa Gowa dihadirkan ke Malang sebagai proses adaptasi terkait perkuliahan. Di Prodi Informatika sendiri untuk praktikum sudah mulai dilakukan secara offline. Jadi, mahasiswa dihadirkan di sini (ITN Malang). Untuk mengakomodasi, keamanan dan kenyamanan, mahasiswa ditempatkan di rusunawa yang berada di lingkungan Kampus 2 ITN Malang,” jelas Adi ketika ditemui di tempat terpisah.

Baca juga : Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Mahakam Ulu Kirimkan Putra Daerah Kuliah di ITN Malang

Dikatakan Adi, beberapa tahun ini Teknik Informatika selalu mendapatkan mahasiswa program beasiswa Pemerintah Kabupaten Gowa. Bahkan mahasiswa asal daerah ini tidak kalah dengan mahasiswa lainnya. Tidak hanya aktif kuliah, mereka juga aktif mengikuti kegiatan di luar akademik. Selain di himpunan, mereka juga bergabung dan menjadi asisten laboratorium Informatika.

Wakil Rektor III ITN Malang Ir. Fourry Handoko, ST SS MT Ph.D IPU, secara simbolis memakaikan jas almamater ITN Malang kepada salah satu mahasiswa beasiswa Pemkab Gowa. (Foto: Istimewa)

“Harapan kami kerjasama ini semakin tahun semakin baik, dan semakin banyak mahasiswa yang ditempatkan Teknik Informatika. Sehingga banyak alumni informatika nantinya bisa kembali dan mengembangkan daerahnya, Kabupaten Gowa,” katanya.

Menurutnya selama ini mahasiswa penerima beasiswa asal Gowa lulus dengan IPK cumlaude. Bahkan ada yang masuk menjadi mahasiswa terbaik di Prodi Teknik Informatika. Adi juga berharap mahasiswa daerah termotivasi mengembangkan keilmuannya dengan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, dan atau bisa bekerja dan berkarir di lingkungan tempat tinggalnya atau di wilayah lain.

Baca juga : Raih IPK Tertinggi pada Wisuda ke-60 Inilah Sosok Mahasiswa Teknik Kimia ITN Malang Asal Gowa

“Mereka putra daerah pilihan, IPK nya semua baik dan kebanyakan cumlaude. Potensi mereka didukung oleh Pemerintah Kabupaten Gowa yang memperbolehkan mahasiswa yang telah lulus untuk melanjutkan kuliah atau bekerja ditempat lain,” tutup Adi. (me/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023