Dalam Kenangan, Umat Katolik ITN Malang Lakukan Peringatan Arwah Semua Umat Beriman

Romo RD. Daniel Aji Kurniawan ketika memperkati kolase foto yang dibawa umat dalam perayaan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman di Kapel St. Thomas Aquinas ITN Malang, Kamis, (02/11/2021). (Foto: Istimewa) 


Malang, ITN.AC.ID – Ada yang beda di Kapel St. Thomas Aquinas yang berlokasi di Kampus 2 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Empat buah foto berpigura ukuran 10R terpasang rapi di depan altar, dan sebuah kolase foto menghiasi sudut kanan meja altar. Ya, tepat pada Kamis, (02/11/2021) umat Katholik di seluruh dunia melakukan Peringatan Arwah bagi Semua Umat Beriman.

Uar harum dari rangkaian bunga dan kerlip lampu hias menambah semarak. Menyambut kehadiran umat yang antusias mengikuti misa. Mereka mendoakan dan mengenang arwah sanak saudara serta orang-orang terkasih yang telah lebih dahulu dipanggil Tuhan.

Misa kali ini dipandu oleh RD. Daniel Aji Kurniawan selaku Romo Moderator. Dalam khotbahnya romo Aji menyampaikan ada lingkaran tidak terputus dan menjadi kekayaan yang luar biasa di Gereja Katolik. Rangkaian perayaan sudah dimulai pada 1 Nopember yang merupakan Hari Raya Semua Orang Kudus. Dilanjutkan 2 Nopember Peringatan Arwah bagi semua Umat Beriman. Ke-dua perayaan tersebut menunjukkan suatu refleksi iman bahwa selalu ada ikatan kasih yang kuat antara yang masih hidup (pendoa), yang sudah meninggal (yang di doakan) dan yang sudah memandang Allah dalam kebahagiaan (semua orang kudus). inilah lingkaran yang tidak terputus yang saling terhubung.

Baca juga : Istimewa! Misa Perdana Gereja ITN Malang Bersamaan Hari Raya Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Elizabeth Catur Yulia S, SH sbg ketua pengurus kapel sangat bersyukur karena dalam masa pandemi umat senantiasa antusias dalam segala kegiatan yang diadakan di Kapel Santo Thomas Aquinas ITN Malang. Pada misa kali ini, Umat yang hadir membawa serta foto orang-orang yang mereka kasihi. Foto-foto tersebut diletakkan di sisi kanan meja altar,” terangnya saat ditemui di Kampus I ITN Malang, Kamis (04/11/2021).

Umat Katolik ITN Malang dan lingkungan melakukan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman. (Foto: Istimewa)

Sementara empat foto terbesar diletakkan di depan podium. Mereka adalah B.X Soeherman selaku Inisiator pendirian Kapel St. Thomas Aquinas ITN (Yayasan P2PUTN ITN Malang), Prof. Dr. Ir. Tri Poespowati MT., (Bendahara panitia pembangunan kapel), Ignatius Sandy YJ, dan Heinrich P Hendry Soetio (Donatur). Beliau berempat dalam perjalanan pendirian kapel telah dipanggil terlebih dahulu menghadap Tuhan,” ujar Yuli.

Baca juga : Wali Kota Malang: ITN Malang Kampus Bhinneka Tunggal Ika

Ditemui terpisah lbu Yenny selaku seksi Liturgi menyampaikan, jumlah umat yang hadir pada misa 125 orang. Untuk persiapan sampai pelaksanaan kegiatan yang melibatkan banyak elemen ini membutuhkan waktu satu minggu. “Puji Tuhan kegotong royongan umat sangat luar biasa. Ditambahkan lebih lanjut Sebelum misa, dilakukan pembakaran intensi misa dan dibacakan nama-nama yang didoakan,” katanya. Ia pun Berharap dengan keterlibatan umat membuat Kapel St. Thomas Aquinas ITN Malang menjadi berkat dan sarana pertumbuhan iman.

lbu Yenny, seksi Liturgi Unit Pastoral Kapel St. Thomas Aquinas ITN Malang

 410 total views,  11 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC