Enviro Grand Week 2021, Kenalkan Prodi hingga Tanam Bunga

Ramadhani mahasiswa ITN Malang (paling kiri) bersama teman kelompoknya membawa bunga anyelir untuk di tanaman di lingkungan Prodi Teknik Lingkungan ITN Malang. (Foto: Istimewa)


Tanaman bunga memang menawan. Selain untuk mempercantik halaman, tanaman bunga juga bermanfaat untuk lingkungan, dan kesehatan. Jadi, tidak salah bila dalam kegiatan Enviro Grand Week 2021 mahasiswa Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kompak membawa beraneka macam bunga ke kampus.

EGW merupakan kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITN Malang. Melibatkan mahasiswa angkatan 2021, EGW terdiri dari beberapa kegiatan kelompok, seperti membuat background zoom, membuat yel-yel kelompok, membuat PowerPoint (PPT) sesuai tema yang ditentukan, dan membuat jargon satu angkatan.

Sementara, untuk tugas individu masing-masing peserta diharuskan mengunggah twibbon EGW di media sosial, perkenalan dengan kakak tingkat, dan membawa tanaman bunga sejenis dalam satu kelompok.

“Kegiatan EGW untuk mengenalkan mahasiswa kepada Prodi Teknik Lingkungan, dan HMTL, baik secara daring maupun luring. Karena untuk angkatan ’21 sudah ada tugas perkuliahan yang harus dijalankan secara luring,” jelas Mohammad Ferry Nanda, Ketua Pelaksana EGW 2021, saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Jumat (18/3/2022).

Selain itu, kegiatan ini juga untuk melatih mahasiswa dalam berorganisasi di lingkup himpunan mahasiswa jurusan. Melatih kekompakan, kedisiplinan, dan tanggung jawab mahasiswa. “Nah, harapannya mahasiswa akan kompak, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menjalankan perkuliahan, ataupun dalam bermasyarakat,” imbuh Ferry.

Baca juga : Mahasiswa Teknik Lingkungan Aplikasi Manajemen Sampah di Kabupaten Malang

Pelaksanaan EGW 2021 sendiri sudah dimulai sejak tanggal 14 Maret 2022, dan akan berakhir pada 2 April 2022. EGW dilaksanakan secara online, dan offline untuk beberapa tugas yang mengharuskan tatap muka.

Indahnya bunga krisan siap ditanam di lingkungan Prodi Teknik Lingkungan ITN Malang. (Foto: Istimewa)

Kegiatan EGW diapresiasi oleh Ramadhani, salah satu peserta. Mahasiswa angkatan 2021 ini sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan. Apalagi dengan adanya tugas membawa tanaman bunga ke kampus. Pasalnya, kegiatan ini bisa mempertemukan peserta secara langsung.

“EGW membantu membentuk kami menjadi seorang kader yang berkompeten dalam berorganisasi di lingkungan HMTL. Kami juga bisa lebih mengenal Prodi Teknik Lingkungan,” kata Rama akrab disapa.

Dalam kegiatan ini kelompok Rama kompak membawa bunga anyelir. Sementara kelompok lainnya, masing-masing membawa bunga mata kucing, bunga satin, bunga krisan, dan bunga meiana. Mereka bekerja sama menanam bunga-bunga tersebut di dalam pot-pot yang telah disiapkan.

Baca juga : Kaliku, Saksi Kerjasama Prodi Teknik Mesin S-1 dan Desa Pakisaji

“Rencananya (bunga) akan ditempatkan di sekitaran workshop HMTL. Selain untuk memperindah taman, juga untuk mengingatkan kami agar selalu cinta lingkungan,” jelasnya.

Rama berharap, kegiatan-kegiatan HMTL mampu membentuk mahasiswa Teknik Lingkungan menjadi mahasiswa yang profesional, membawa perubahan positif bagi lingkungan, dan masyarakat. (me/ Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print