Dukung Kesuksesan SMK PK Teknik EBT, SMK Negeri 5 Kupang NTT Gandeng ITN Malang

Rektor ITN Malang,  Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menerima kain tenun NTT dari Kepala SMK Negeri 5 Kupang, Dra. Safirah Cornelia Abineno, di Ruang Sidang Rektorat, Kampus 1 ITN Malang, Kamis (24/3/2022). (Foto: Yanuar/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE melakukan penandatanganan naskah kesepahaman bersama dengan Kepala SMK Negeri 5 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Dra. Safirah Cornelia Abineno, di Ruang Sidang Rektorat, Kampus 1 ITN Malang. Dalam sambutannya rektor menyatakan rasa senang ketika SMKN 5 Kupang memutuskan bekerjasama dengan Kampus Biru.

“Kami senang sekali SMK Negeri 5 Kupang akhirnya bisa membangun kerjasama dengan ITN Malang,” ujar rektor menerima dengan hangat kedatangan rombongan SMK Negeri 5 Kupang, Kamis (24/3/2022).

Rektor menyatakan, pemerintah saat ini gencar-gencarnya mengembangkan kompetensi sekolah menengah kejuruan. Hal ini dilakukan agar angkatan kerja lulusan minimal dari SMK sederajat. Pangkalnya, masih adanya angkatan kerja lulusan sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama yang dianggap kompetensi atau kemampuannya masih terbatas.

“Dengan adanya perkembangan informasi teknologi, maka lulusan SMK harus terus meningkatkan kemampuan. Bisa dengan melanjutkan pendidikan. Pelajar SMK-SMA banyak yang mengambil diploma, atau strata 1 (S-1),” jelas Prof Lomi akrab disapa.

Prof Lomi juga mengapresiasi SMK Negeri 5 Kupang yang memiliki jurusan energi baru terbarukan (EBT). Ini sejalan dengan ITN Malang yang telah mengembangkan EBT. Salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang baru saja diresmikan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P.) Rabu, (23/4/2022) kemarin.

Baca juga : Jemput Bola, ITN Malang Goes to Nusa Tenggara Timur Bagi-bagi Beasiswa

“SMKN 5 Kupang memiliki jurusan energi baru terbarukan. Karena memang sekarang lagi trend, dan mengarah ke sana (EBT). Artinya, SMKN 5 bisa menjadi percontohan di Kupang. Kupang bisa lebih maju. Kami senang sekali kita bisa berkolaborasi,” ujar Prof Lomi.

Menurut Prof Lomi, kolaborasi ITN Malang dengan SMKN 5 Kupang bisa dalam berbagai kegiatan. Misalnya, pelatihan guru yang akan dimentori oleh dosen-dosen ITN Malang. Bahkan nantinya tidak menutup kemungkinan guru-guru dari sekolah lain di Kupang bisa ikut bergabung.

ITN Malang siap berkolaborasi dengan SMK Negeri 5 Kupang. (Foto: Yanuar/humas)

Sambutan hangat Rektor ITN Malang diterima dengan senang hati oleh Kepala SMK Negeri 5 Kupang, Dra. Safirah Cornelia Abineno. Safirah berharap dengan kolaborasi ini, ITN Malang bisa memberikan solusi terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh SMKN 5 Kupang. Apalagi dengan diraihnya predikat SMK Pusat Keunggulan Teknik EBT, dan SMK Plus yang memungkinkan para siswa SMK sekolah tiga tahun, dan ditambah magang selama satu tahun.

“Kami (SMKN 5 Kupang) ditetapkan oleh Ditjen Vokasi Kemendikbud RI menjadi sekolah excellent (Pusat Keunggulan / Central Of Excellent). Maka, kami membutuhkan pendampingan dari ITN untuk bisa membantu menjawab permasalahan-permasalahan kami dengan menjadi guru tamu, atau memperkenalkan kami dengan mitra kerja dari ITN agar kami lebih baik lagi,” ujar Safirah.

Dikatakan Safirah, saat ini SMKN 5 Kupang sedang menjadi sorotan, karena masuk menjadi SMK Pusat Keunggulan dengan energi baru terbarukan. Dengan EBT SMKN 5 Kupang juga siap mendukung program Gubernur NTT dalam memajukan pariwisata. “Pak Gubernur saat ini giat-giatnya memajukan pariwisata. Kami tidak punya jurusan pariwisata, maka kami bisanya mendukung dengan EBT, kelistrikan dan lain-lain,” imbuhnya.

Baca juga : ITN Malang Dampingi Pemkab Sikka Terkait Pinjaman Daerah Rp 216 M

Safirah juga berterimakasih, karena ITN Malang yang telah mengundang SMKN 5 Kupang pada acara peresmian PLTS di Kampus 2 ITN Malang. Bahkan ia dan rombongan sempat melihat-lihat hasil karya inovasi teknologi mahasiswa dan dosen ITN Malang. Hal ini sejalan dengan jurusan yang ada di SMKN 5 Kupang yang memiliki Program Keahlian Teknik Energi Baru Terbarukan (EBT), Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pengelasan, dll.

“Dari EBT kami sudah mengeluarkan produk gerobak surya. Kami hasilkan dari besi dan kayu. Ini dibuat juga berkolaborasi dari beberapa jurusan yang ada di SMK,” katanya, berharap kerjasama dengan ITN Malang menjadikan SMKN 5 Kupang lebih maju lagi. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print