Back

Pusat Karir ITN Malang – PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) Adakan Campus Hiring Rekrut SDM Produksi dan Engineering

Suasana Psikotes PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) di ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Pusat Karir Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) bersama PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) Pasuruan menggelar campus hiring. Sebanyak 33 peserta lolos screening mengikuti tahap psikotes di Ruang SP6 Kampus 1 ITN Malang, Jumat (30/08/2024). PT Tirta Fresindo Jaya merupakan salah satu dari anak perusahaan Mayora Group yang bergerak di bidang produksi dan distribusi produk air mineral.

Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) membuka lowongan pada beberapa unit head development program, antara lain: program utility, program produksi, program warehouse, program WWTP, program engineering, dan program quality control. Dimana lulusan ITN Malang yang bisa terserap dari teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, teknik lingkungan, dan teknik kimia.

Kepala Pusat Karir ITN Malang, Dr. Lila Ayu Ratna Winanda, ST., MT., menyatakan, dengan campus hiring harapannya semakin banyak perusahaan yang ikut bergabung, sehingga lulusan ITN Malang semakin banyak yang akan terserap.

“Kedepan kami memiliki agenda sebelum campus hiring ada pembekalan soft skill. Saat mahasiswa masih tugas akhir atau sebelum yudisium bisa dibekali pelatihan workshop untuk persiapan kerja. Jadi saat campus hiring serapannya bisa banyak . Kalau lulusan ITN lebih siap, maka perusahaan lebih percaya kepada ITN Malang,” ujar Lila.

Menjelang wisuda ke-72 ITN Malang pada pekan ke 3 September 2024, Pusat Karir ITN Malang masing terus melaksanakan beberapa kali campus hiring. Bahkan rencananya campus hiring akan dilaksanakan hingga 21 September 2024.

Baca juga : Percepat Lulusan Terserap Industri, Pusat Karir ITN Malang Gelar Campus Hiring Bersama HPI-Agro

Pusat karir menawarkan campus hiring mulai sebelum yudisium sampai setelah wisuda. Karena menurut Lila sebelum wisuda administrasi kelulusan belum lengkap sehingga ada sebagian mahasiswa masih ragu-ragu dalam mendaftar. Padahal beberapa perusahaan memberi kesempatan kepada mahasiswa yang belum lulus untuk bisa mendaftar.

“Seperti HPI-Agro, mereka mintanya mahasiswa yang akan yudisium saja. Bapak Rekor sudah memfasilitasi kalau mahasiswa diterima di perusahaan akan memberikan kelonggaran kepada calon yudisium dalam administrasi, dan lainnya,” jelasnya.

Tim PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) Pasuruan saat menjelaskan company profile kepada peserta campus hiring. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Saat ini pusat karir masih terus menawarkan program campus hiring kepada perusahaan. Wisuda periode ini lulusannya lebih banyak, jadi harapannya bisa mewadahi lulusan. Bahkan pusat karir bersiap meningkatkan kerja sama dengan perusahaan dalam bentuk magang plus. Dimana mahasiswa yang magang di perusahan bila memenuhi kompetensi bisa direkrut perusahaan.

“HPI-Agro kemarin sudah sevisi, tinggal kami tidak lanjuti untuk magangnya. Saat perusahaan sudah merekrut mahasiswa magang, dan sudah cocok maka saat dia lulus bisa langsung direkrut,” ungkapnya.

Clara Cinantya, HRD PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) menambahkan, saat ini pihaknya membutuhkan banyak sumber daya di berbagai bidang. ITN Malang yang merupakan kampus teknik maka fokus rekrutmen pada bagian produksi dan engineering.

Campus Hiring PT Tirta Fresindo Jaya kali ini masuk pada tahap tes psikologi. Menurut Clara rangkaian rekrutmen dimulai dari pendaftaran, screening, psikotes, bila lolos masuk tahap interview dengan HR, dan interview dengan user. Baru kemudian dilakukan offering letter, dan medical check up.

“Bila sudah dinyatakan fit untuk bekerja baru kami join-kan. Prosesnya memakan waktu (normal) 3-4 minggu. Karena kami dari perusahaan FMCG jadi harus ketat dan SDM harus fit untuk bekerja,” katanya. Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan industri yang bergerak di bidang produk konsumen yang dijual dengan cepat dan relatif murah.

Baca juga : PT Malindo Intitama Raya Jaring Alumni ITN Malang Lewat Campus Hiring

Clara mengungkapkan kualifikasi pelamar yang dibutuhkan lebih kearah keaktifan pelamar selama di perkuliahan. Seperti aktif berorganisasi untuk melihat kepemimpinannya sudah atau belum terlatih.

“Kami mencari kandidat-kandidat yang mempunyai dan mampu menjadi leader. Kadang user mintanya malah yang fresh graduate,” tuntasnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023