Back

Majukan Almamater, ITN Malang – IKA ITN Malang Jalin Kemitraan

Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D., dan Ketua IKA ITN Malang, Ir. Nyoman Sugiartha Ariantara, MM.,CHCGM, usai penandatanganan nota kesepahaman bersama.


Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang), dan Ikatan Alumni (IKA) ITN Malang mengeratkan hubungan dengan menjalin kerja sama. Nota kesepahaman bersama (NKB) diteken langsung oleh Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D, dan Ketua IKA ITN Malang, Ir. Nyoman Sugiartha Ariantara, MM.,CHCGM. Ditandatangani di Ruang Sidang Rektorat Kampus ITN Malang, Rabu (11/09/2024).

“Kami bersyukur ITN Malang bisa melakukan kerja sama dengan IKA ITN Malang. Sinergi antara kampus dan alumni sangat penting untuk mendekatkan dunia kerja atau dunia industri ke kampus. Sehingga challenge and opportunity dunia nyata bisa dikenal dan dipahami tidak hanya oleh dosennya tapi juga mahasiswa,” ujar Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D.

Rektor juga menceritakan kondisi lulusan ITN Malang yang sangat beragam. Salah satunya testimoni dari PT Hartono Plantation Indonesia (HPI-Agro) yang sedang giat mengembangkan bisnis gula di Sumba dengan bendera PT Muria Sumba Manis. HPI Agro sudah beberapa tahun terakhir rutin melakukan rekrutmen di ITN Malang.

“Mereka mengatakan alasannya merekrut mahasiswa ITN Malang. Menurutnya mahasiswa ITN memiliki semangat mau belajar, dan ketika ditempatkan dimana saja bisa survive,” lanjutnya.

Menurut rektor, dengan hadirnya IKA ITN Malang ini menjadi akselerasi bagi semua untuk bisa meningkatkan kualitas lulusan ITN Malang. Bisa ikut mendampingi mulai mahasiswa berkuliah di ITN sampai lulus. Sehingga masyarakat memiliki image positif kepada lulusan ITN Malang.

Baca juga: Peran Strategis, Alumni Sumbang Alat ke Prodi Teknik Geodesi

“Harapannya, dampaknya bisa meningkatkan minat dan apresiasi masyarakat kepada ITN. Sinergi dari alumni bisa membentuk kualitas mahasiswa untuk siap bekerja. Semoga dengan adanya IKA ITN Malang bisa turut meningkatkan kualitas dari ITN Malang,” tandasnya.

ITN Malang dan Ikatan Alumni (IKA) ITN Malang memperkuat kerja sama

Penandatanganan kerja sama ini dihadiri pula jajaran pimpinan antara lain: WR 3 ITN Malang Dr. Hardianto, ST., MT., Dekan FTI dan FTSP ITN Malang, Wakil Dekan 3 FTI dan FTSP ITN Malang, Kepala LPPM ITN Malang, Kepala Humas ITN Malang. Sementara dari alumni yang hadir adalah Muhammad Chottob W, alumnus Asritektur ‘94, Saiful Arifin, alumnus Teknik Sipil ’99, dan Fransisca Dwi Agustina alumnus Teknik Geodesi 2012.

Kemitraan antara ITN Malang dengan IKA ITN Malang berfokus pada pengembangan sumber daya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan ruang lingkup pengembangan institusi perguruan tinggi, yaitu: penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan magang, penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sistem informasi perguruan tinggi. Serta bersama-sama mengembangkan almamater ITN Malang dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pengembangan dan peningkatan potensi ekonomi alumni, dan ITN Malang.

Ketua IKA ITN Malang, Ir. Nyoman Sugiartha Ariantara, MM.,CHCGM, menyatakan turut menyambut baik kerja sama tersebut. Menanggapi testimoni HPI-Agro Nyoman mengatakan, bahkan alumni ITN yang siap ditempatkan dimanapun di sebuah perusahaan menjadi strengths-nya ITN Malang. Ini terbukti banyak alumni ITN yang sukses dimanapun berada.

Baca juga : Mental Tangguh Dibentuk Lewat Organisasi Mahasiswa

“Kami merasa sangat gembira, harapan kerja sama ini sudah lama kami nantikan sejak IKA ITN Malang resmi berdiri. Harapan kami MoU bukan hanya sekedar di atas kertas, tapi apa yang menjadi pekerjaan rumah bersama bisa terselesaikan,” katanya.

Dikatakan Nyoman, IKA ITN Malang merupakan bagian dari keluarga besar ITN Malang, sehingga IKA ITN turut berkomitmen untuk kemajuan almamater. “Kami berharap ITN bisa bertumbuh dan berkembang. Mari bersama-sama menyusun (implementasi) kerja sama, dan kami siap (membantu). Kembali membangun ITN Malang menjadi lebih baik lagi,” serunya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

 

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023