Back
IFEST 2019: Sinau Bareng Bersama Habib Muhammad Bin Anies Shahab

IFEST 2019: Sinau Bareng Bersama Habib Muhammad Bin Anies Shahab

Kondisi hujan tidak menyurutkan semangat jamaah untuk mengikuti acara Sinau Bareng Bersama Habib Muhammad Bin Anies Shahab, di Aula Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Selasa (2/4/19). Tauziah dalam rangkaian ITN Islamic Festival (IFEST) 2019 ini sekaligus memperingati hari Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW, pada tanggal 27 Rajab bertepatan jatuh pada hari Selasa, 2 April 2019.

Pengasuh Majelis Rasulullah Malang ini menyatakan, Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW adalah momentum di mana akal di taruh dan iman dipakai. Memahami kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW menerima wahyu sholat lima waktu tidak bisa hanya mengandalkan akal. “Rasulullah melakukan perjalanan Isra Mikraj dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram, kemudian ke Sidratul Muntaha. Sedangkan tempat duduknya (saat ditinggalkan) belum hilang rasa hangatnya. Karena tidak semua yang bisa diterima oleh iman itu, bisa dinalar oleh akal,” kisah Habib Anies.

Awal Rosul menerima waktu sholat dari Allah SWT dengan bilangan 50 kali sholat dalam satu hari. Kemudian, Nabi Muhammad SAW meminta saran pada Nabi Musa AS. Karena merasa umatnya Nabi Muhammad tidak mampu menjalankan 50 kali sholat, maka Nabi Musa AS menyarankan untuk meminta kepada Allah SWT mengurangi jumlah sholatnya. Nabi Muhammad SAW pun meminta kepada Allah SWT menjadi 45 kali. Dan begitu seterusnya sampai bilangan sholat tinggal 5 kali dalam sehari. “Dari situ jugalah turun kalkulasi bilangan pahala sedekah. Saat memasukkan uang (sedekah) 10 ribu rupiah, maka dihitung pahalanya menjadi 100 ribu rupiah. Saat memasukkan 100 ribu rupiah, maka pahalanya menjadi 1 juta rupiah, dan begitu seterusnya,” jabar salah satu alumni terbaik Darul Mustafa Hadramaut Yaman ini, berharap peringatan Isra Mikraj di ITN Malang semakin memupuk kecintaan kepada Allah.

 

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT
Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT

 

Sementara itu Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Dakwah Islamiyah (LDI) ITN Malang ini. “Kegiatan tahunan ini sangat bagus diadakan untuk mendukung siar Islam. Saya berharap selanjutnya bisa ditingkatkan lagi, lebih meriah dari saat ini,” katanya. (me/humas)

image_pdfimage_print
id_IDIndonesian