Back

Pusat Karir ITN Malang dan HPI Agro Kolaborasi Campus Hiring

Head Of Corporate HR&GS HPI Agro, Julia Hafni, saat melakukan sesi wawancara campus hiring PT Hartono Plantation Indonesia (HPI Agro) di ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Pusat Karir Institut Teknologi Nasional ITN Malang berkolaborasi dengan PT Hartono Plantation Indonesia (HPI Agro) mengadakan campus hiring di Kampus 1 ITN Malang, Selasa (25/10/2022). Kegiatan rekrutmen ini merupakan implementasi dari MoU antara Kampus Biru dengan HPI Agro yang terlaksana sehari sebelumnya.

Sekitar 60 job seeker mencoba melamar di berbagai posisi. Seperti, IT, lab dan QC, asisten civil, general service project, environment health and safety (EHS), mechanical engineering & plumbing (MEP), electrical staff, legal operation, HR operation, maintenance unit head, dan assistant workshop.

Peserta campus hiring tidak hanya diikuti oleh fresh graduate kampus unggul ITN Malang, namun juga alumni beberapa kampus yang ada di Kota Malang.

“Kegiatan campus hiring ini permintaan perusahaan. Kegiatan akan dilaksanakan satu hari full. Informasinya ada sekitar 60 peserta yang mendaftar. Mereka akan melalui tahapan tes interview, psikotes. Nanti setelah kandidat lolos baru diadakan medical checkup,” ujar Hadi Surya Wibawanto, ST MT, Sekertaris Pusat Karir ITN Malang.

Keterangan foto : Ikut Kembangkan Indonesia Timur ITN Malang Lakukan Kerja Sama dengan HPI Agro dan PT Indocode Surya Konsultan

Menurut Hadi, pusat karir mengundang alumni ITN Malang yang lulus tahun 2020, 2021, dan 2022. HPI Agro meminta peserta rekrutmen adalah alumni ITN Malang dari Nusa Tenggara Timur. Namun, sayangnya alumni dari NTT sudah banyak yang kembali ke daerah. Karena mereka tidak bisa mengikuti rekrutmen di kampus, maka perusahaan akan memfasilitasi rekrutmen secara langsung di Sumba.

Fresh graduate ITN Malang mengikuti campus hiring PT Hartono Plantation Indonesia (HPI Agro). (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

“Semoga melalui kegiatan-kegiatan campus hiring terserapnya alumni dalam mengisi data tracer study mendapat hasil lebih baik. Karena data ini akan menunjukkan alumni ITN yang mendapatkan pekerjaan enam bulan sampai 1 tahun setelah kelulusan,” ujar Hadi.

HPI Agro tidak hanya membuka lowongan pekerjaan pada pabrik gula di Sumba NTT, namun juga lowongan pada pabrik kelapa sawit di Kalimantan Barat. Kesempatan campus hiring dimanfaatkan oleh fresh graduate ITN Malang. Seperti halnya lulusan Teknik Geodesi S-1, Riana Budiutami, Oktiviani Milenia, dan Vika Nisarahmadani.

Riana, dan Okta memilih mendaftar di pabrik kelapa sawit di Kalbar, dengan posisi sebagai staff administrasi. Sementara Vika memilih di pabrik gula di Sumba. “Saya aslinya dari Mataram jadi saya memilih di Sumba. Kami melamar posisi yang umum seperti admin. Karena HPI membuka lowongan untuk lulusan sarjana dari semua jurusan,” katanya.

Head Of Corporate HR&GS HPI Agro, Julia Hafni sebelumnya sempat menyatakan, lulusan ITN Malang yang bekerja di HPI Agro selama ini terbukti bisa diandalkan.

Keterangan foto : Potret Lulusan, Pusat Karir ITN Malang Sosialisasi Tracer Study

“Lulusan ITN Malang yang bekerja di tempat kami dapat diandalkan. Maka, sebisa mungkin kami coba serap khususnya yang berasal dari daerah sana (NTT). Kami datang ke kampus untuk mengembangkan talen-talen baru. Informasinya banyak masyarakat di sana (NTT) yang kuliah di ITN Malang,” ungkapnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023