Back

Atlet Pencak Silat Cempaka Putih ITN Malang Raih Medali Kejurda Jatim

Ahmad Fauzi, mahasiswa Teknik Listrik D-3 ITN Malang meraih medali perunggu pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Timur, Perguruan Pencak Silat Cempaka Putih 2022. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Ahmad Fauzi, atlet Pencak Silat Cempaka Putih Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil meraih medali perunggu pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Timur, Perguruan Pencak Silat Cempaka Putih. Momen yang digelar di pertengahan tahun 2022 lalu diikuti 250 peserta di Gor Rajawali, Selopanggung, Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.

Perguruan pencak silat Cempaka Putih Pusat Magetan mengadakan Kejurda untuk menjaring atlet-atlet dari internal Cempaka Putih. Kegiatan yang digelar tahunan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi anggota Cempaka Putih dari penjuru Jawa Timur.

Baca juga : Ibnu Rossie Adiyo Atlet Wushu ITN Malang Raih Medali Emas Kejuaraan SLC Cup 2022

Ahmad Fauzi, mahasiswa Teknik Listrik D-3 ITN Malang meraih juara 3, pada kelas 60-65 kg. Ia mendapat kesempatan bertanding tiga kali, dengan sistem satu kali pertandingan tiga ronde. Kejurda Jatim merupakan even perdananya setelah bergabung di Cempaka Putih.

Ahmad Fauzi mahasiswa ITN Malang mengikuti Kejurda Jawa Timur, Perguruan Pencak Silat Cempaka Putih 2022. (Foto: Istimewa)

“Lawan terberat pesilat dari Magetan, karena pusatnya Cempaka Putih kan Magetan,” ujar Fauzi akrab disapa saat ditemui di Kampus 2 ITN Malang awal Desember 2022 lalu.

Fauzi menggeluti pencak silat Cempaka Putih sejak 2020. Kala itu, ia belajar silat di luar kegiatan sekolah. Olahraga ini pun ditekuni hingga kuliah. Fauzi mengaku lebih tertarik olahraga silat, karena silat merupakan asli budaya Indonesia. Sekaligus berharap bisa melestarikan silat.

Baca juga : Anggie Angesti Fitri Mahasiswa ITN Malang Masuk Nominasi Finisher Fun Run 5K

“Cempaka Putih jauh dari anarki, makanya saya nyaman bergabung. Selain seni beladiri, Cempaka Putih juga mengajarkan tenaga dalam, kekebalan, dan kerohanian. Tapi, untuk tenaga dalam dan kekebalan perlu berlatih serius dengan waktu yang lama,” tandas mahasiswa semester tiga ini. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print
id_IDIndonesian