Back

Kontribusi Tingkatkan SDM Mahasiswa, KAMI Peduli Adakan Pelatihan Autocad 2D

Komunitas Mahasiswa Peduli Literasi (KAMI Peduli) ITN Malang mengadakan pelatihan Autocad 2D, dipandu oleh Ma’ripuddin mahasiswa Teknik Sipil S-1 ITN Malang. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Komunitas Mahasiswa Peduli Literasi, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang (Kami Peduli ITN Malang) menggelar pelatihan AutoCAD di ruang kuliah 37 Teknik Lingkungan ITN Malang. Kegiatan pelatihan diadakan dalam 4 kali pertemuan dalam dua minggu. Minggu pertama Jumat-Sabtu (16-17/12/2022), dan minggu kedua Rabu-Kamis (21-22/12/2022).

Galank Vijanarki, Sekretaris Jenderal Kami Peduli ITN Malang mengatakan, KAMI Peduli berupaya untuk hadir sebagai komunitas yang mampu memberikan kontribusi kepada Kampus Biru. Berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya mahasiswa. Dengan begitu, setelah lulus akan menjadi teknokrat unggul dan mampu bersaing.

Baca juga :Konsolidasi Pemikiran, Mahasiswa ITN Malang Gelar Diskusi Publik di Hari Sumpah Pemuda

“Sebelum melakukan pelatihan kami gali dulu kebutuhan mahasiswa. Khususnya mahasiswa baru angkatan 2022 tidak semua paham terhadap AutoCAD. Beda dari lulusan SMK bangunan yang notabene sudah paham terhadap aplikasi menggambar teknik seperti AutoCAD,” kata Arki sapaan akrab Sekjen Kami Peduli, saat ditemui di Kampus 1 ITN Malang, Jumat (24/12/2022).

Mahasiswa ITN Malang foto bersama usai mengikuti pelatihan Autocad 2D. (Foto: Istimewa)

Arki mengatakan, setelah melakukan identifikasi terhadap beberapa mahasiswa dari berbagai jurusan, kenyataannya didapati banyak mahasiswa yang belum mengenal aplikasi seperti AutoCAD. Sehingga pelatihan banyak peminatnya, dan diikuti 69 mahasiswa dari berbagai jurusan. Seperti dari teknik sipil, teknik lingkungan, PWK, arsitektur, teknik geodesi, teknik mesin, dan teknik elektro.

“Alhamdulillah mahasiswa antusias. Pada saat pendaftaran dibuka kurun waktu 24 jam sudah ada 52 peserta. Itu diluar ekspektasi kami. Prediksi kami kurang dari 50 mahasiswa yang akan mendaftar,” ucapnya.

Arki juga berharap, kedepannya KAMI Peduli dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill mahasiswa ITN Malang, yang akan menjadi bekal saat terjun ke dunia kerja. KAMI Peduli berupaya melihat dan membaca fenomena dunia profesional saat ini. Tentunya yang sesuai dengan basic keilmuan mahasiswa ITN yang notabene bergerak dalam dunia keteknikan.

Baca juga : Refleksi Pemuda dalam Memaknai Sumpah Pemuda

“Tidak hanya itu, kami juga berupaya mengajak mahasiswa ITN Malang untuk meningkatkan soft skill melalui ruang-ruang diskusi. Baik dari segi kepemimpinan, kemampuan intelektual akademis, dan kemampuan soft skill lainnya yang dapat menunjang lulusan ITN Malang menjadi SDM unggul,” pungkasnya. (Humas ITN Malang)

Pewarta: Ahmad Fauzi, mahasiswa Teknik Sipil S-1 ITN Malang, angkatan ’18. Editor: Mita Erminasari

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023