Back

Kenalkan Dudi, SMK Negeri 3 Yogjakarta Kunjungi PLTS ITN Malang

Mahasiswa Teknik Elektro S-1 ITN Malang menjelaskan seputar PLTS kepada para siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kedatangan rombongan dari SMK Negeri 3 Yogyakarta, pada awal Maret 2023 lalu. Ke-126 siswa dan delapan guru SMK Negeri 3 Yogyakarta ini tertarik dengan keberadaan PLTS yang berada di Kampus 2 ITN Malang.

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Teknologi Industri (FTI), Drs. Sumanto, M.Si, di Ruang Amphi Elektro Lt 3. Sumanto menjelaskan akreditasi Teknik Elektro yang saat ini berada di posisi akreditasi A. Serta dibukanya PLTS ITN Malang untuk kegiatan eduwisata.

“PLTS ITN Malang berkapasitas 500 KWp/0,5 MWp. Merupakan PLTS terbesar skala kampus di Pulau Jawa. Saat ini PLTS sudah dibuka untuk wisata edukasi,” kata Sumanto.

Baca juga : SMK PGRI 3 Malang Belajar Sistem Ketahanan Listrik EBT di ITN Malang

Sementara Bambang Yunianto, S.Pd, Ketua Program Keahlian Teknik Listrik SMKN 3 Yogyakarta mengatakan, kunjungan industri pasca pandemi ini melibatkan kelas 12. Meskipun pekan depan siswa langsung dihadapkan pada ujian, kunjungan industri tetap dilaksanakan.

Menurutnya ini sebagai upaya link and match sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri. Maka, siswa perlu melihat kondisi industri, melihat produk-produk industri, dan mendapat ilmu baru yang bisa diserap oleh siswa.

Para siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta melihat secara langsung mesin dan peralatan pembangkit listrik di power house PLTS ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

“Kami bisa melihat energi terbarukan PLTS. Kami tertarik, tidak hanya membayangkan namun bisa melihat langsung pengembangan suatu teknologi terbarukan di Provinsi Jawa Timur terbesar setara kampus,” ujar Bambang.

Dikatakan Bambang, sebelum ke ITN Malang, rombongan terlebih dahulu berkunjung ke PT Sky Indonesia yang memproduksi panel surya. Setelah melihat proses pembuatan panel surya di PT Sky Indonesia, maka akan semakin klop saat berkunjung ke PLTS ITN Malang yang sudah mengaplikasi penggunaan panel surya untuk energi listrik.

“Anak-anak bisa melihat pekerjaan di industri. Ketika mereka melihat kondisi suatu industri nantinya bisa memutuskan untuk melanjutkan ke ITN Malang, atau bisa juga berwiraswasta. Mengembangkan program kewirausahaan. Ini terkait dengan solar cell setelah tahu proses pembuatan dan aplikasinya,” jelasnya.

Baca juga : Lulusan Terbaik Teknik Listrik Angkat Rancang Bangun Prototype Fuel Cell

Kunjungan ke PLTS ditanggapi oleh M. Farel Adhyasta Wijaya. Menurutnya PLTS ITN Malang peralatannya komplit. Ia dan teman-temannya juga mudah menerima penjelasan dari kakak-kakak mahasiswa ITN Malang.

“Di sekolah juga membuat. Semoga nanti bisa diterapkan skala rumah untuk sekolah. Apalagi PLTS menghasilkan energi ramah lingkungan,” katanya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023