Back

Bunga Melati jadi Logo Resmi Rukun Ibu ITN Malang

Bunga melati menjadi elemen Logo Rukun Ibu ITN Malang.


Malang, ITN.AC.ID – Siapa yang tidak kenal dengan bunga melati? Bunga yang memiliki nama latin Jasminum Sambac ini memiliki daya tarik bagi wanita. Tidak hanya cantik dan indah, bunga melati juga harum dan dapat tumbuh dengan mudah. Sehingga dapat ditemui di penjuru nusantara. Pantas saja bunga warna putih ini mendapat julukan Puspa Bangsa.

Bunga melati putih juga kerap digunakan di berbagai acara upacara adat di Indonesia. Seperti upacara pernikahan tradisional khususnya adat Jawa. Sebagai tanaman perdu bunga melati juga menyimbolkan kesederhanaan masyarakat Indonesia yang memiliki keelokan budi pekerti.

Bunga melati putih yang menyimbolkan kesucian, ketulusan dan kebersihan hati ini diangkat menjadi logo Rukun Ibu Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Logo nan indah inipun di-launching bersamaan dengan acara serah terima jabatan (sertijab) Ketua Rukun Ibu di Ruang Rukun Ibu Kampus 1 ITN Malang. Dari Ketua Rukun Ibu Periode 2021-2023 Nurmaida Sirait, SH, kepada Ratih Cahyaratri Pribadi, SP., MP Ketua Rukun Ibu ITN Malang Periode 2023-2027.

Baca Juga : Ratih Cahyaratri Pribadi Resmi Pimpin Rukun Ibu ITN Malang Empat Tahun Kedepan

Menurut Nurmaida, logo Rukun Ibu disimbolkan oleh bunga melati dan daun padi. Dimana bunga melati sebagai Puspa Bangsa, maskot Bangsa Indonesia di dunia internasional. Bunga ini merupakan simbol kesucian, ketulusan dan kebersihan hati.

“Melati juga merupakan simbol kasih sayang dari seorang ibu yang memang sangat luas serta sebagai rasa hormat kepada seorang ibu,” ujarnya saat menjelaskan filosofi logo Rukun Ibu, Selasa (21/3/2023).

Sementara, dua helai daun padi yang berada di kanan dan kiri bunga melati melambangkan kesejahteraan bagi anggota Rukun Ibu ITN Malang. Selain didominasi warna putih bunga melati, logo juga menampilkan warna kuning untuk tulisan ITN Malang, dan warna hijau untuk tulisan Rukun Ibu.

Filosofi warna kuning untuk tulisan ITN Malang di bagian atas melambangkan keceriaan, kebahagiaan, dan rasa optimis. Sementara warna hijau untuk tulisan Rukun Ibu di bagian bawah melambangkan kesuburan, kerukunan, kekayaan alam, kebajikan, dan keindahan.

Baca juga : Ketua Rukun Ibu ITN Malang Berharap Rukun Ibu Ikut jadi Duta Promosi

“Makna logo Rukun Ibu ITN Malang adalah sebuah organisasi yang beranggotakan ibu-ibu yang memiliki ketulusan, kebajikan, kasih sayang, dan rasa optimis yang menjaga kerukunan demi mewujudkan kebahagiaan, dan kesejahteraan bersama,” pungkasnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023