Back

Banyak Benefit, Perum Jasa Tirta 1 Ajak Mahasiswa Magang

Beta Deniarrahman Hakim, S.Kom, staf Perum Jasa Tirta 1 (membawa cinderamata) bersama Pusat Karir ITN Malang, dan mahasiswa magang. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Perusahaan Umum Jasa Tirta 1 (Perum Jasa Tirta 1) sebagai instansi BUMN menjadi salah satu tempat magang bagi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 Tahun 2022. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dengan mengirimkan beberapa mahasiswa magang. Untuk batch 1 2022 ada dua mahasiswa lolos magang, dari teknik elektro dan teknik informatika.

Beta Deniarrahman Hakim, S.Kom, staf Perum Jasa Tirta 1 menyambut baik adanya mahasiswa magang di BUMN. Menurutnya beberapa unit di perusahaan merasa terbantu. Kedepannya PMMB akan diubah menjadi Program Magenta, Magang Generasi Bertalenta.

“Kami dengan teman-teman PMMB biasanya sharing pengetahuan. Di internal, kami memberikan job kepada mahasiswa semirip mungkin dengan apa yang dilakukan oleh karyawan,” ujarnya, saat menerima kunjungan Pusat Karir ITN Malang pada pertengahan Februari 2023 lalu.

Di Perum Jasa Tirta 1 mahasiswa Teknik Elektro ITN Malang juga turut diajak ke lapangan melakukan telemetri. Dimana semua peralatan bisa memberikan informasi secara kontinyu. Sementara mahasiswa teknik informatika membantu kehumasan terkait media sosial dan website.

Baca juga : Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Informatika Ikuti Magang Mahasiswa Bersertifikat Perum Jasa Tirta 1

“Keaktifan mahasiswa yang kami inginkan. Saat mereka magang dan performanya baik, aktif berkomunikasi, maka akan menjadi penilaian khusus bagi unit kami. Kerjasama yang tadinya hanya seputar akademis kelak bisa ke pekerjaan,” ungkapnya.

Dijelaskan Beta, program PMMB sesuai dengan kebijakan pemerintah dilebur dalam program Magenta. Mekanismenya hampir sama, dimana nantinya instansi mendaftar sebagai mitra.

Pusat Karir ITN Malang berkunjung ke Perum Jasa Tirta 1. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)

“Yang ikut program Magenta minimal posisinya mahasiswa akhir atau bisa juga fresh graduate. Magang selama enam bulan. Bulan satu dan dua persiapan, bulan ketiga sampai enam mahasiswa bisa memahami proses dan melakukan pekerjaan,” jelasnya.

PMMB ITN Malang difasilitasi oleh Pusat Karir ITN Malang. Hadi Surya Wibawanto Sunarwadi, ST., MT, Sekretaris Pusat Karir ITN Malang menjelaskan, PMMB merupakan salah satu program kerjasama berkelanjutan antar perguruan tinggi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). FHCI sendiri adalah gabungan dari beberapa perusahaan BUMN yang siap melakukan kontribusi dengan perguruan tinggi se-Indonesia.

Menurut Hadi, benefit mahasiswa webcam experience. Mahasiswa diposisikan sebagian karyawan, tidak lagi sebagai mahasiswa magang. Mahasiswa bisa belajar core value di BUMN, belajar berkembang, dan berkontribusi. Sertifikat program yang didapat mahasiswa akan menjadi nilai tambah ketika mereka melamar pekerjaan di BUMN. Menariknya magang ini mahasiswa mendapat uang saku, serta konversi mata kuliah pada program studi.

“Kami sebagai PC penyelenggara PMMB ITN Malang menyambut baik. Harapannya ada kegiatan serupa untuk mahasiswa mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya,” ujar Hadi.

 Baca juga : Kolaborasi ITN Malang-Undana Buka Peluang Kontribusi untuk NTT

Saat ini program magang bersertifikat yang dilaksanakan MHCI BUMN diubah dengan kegiatan Magenta yang bisa diikuti tidak hanya mahasiswa namun juga fresh graduate.

“Kami mengajak alumni ITN Malang yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Mahasiswa tingkat akhir juga bisa bergabung untuk mengembangkan ilmu guna mempelajari iklim kerja di BUMN,” ajak dosen Teknik Sipil S-1 ITN Malang ini. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023