Back

Pertukaran Mahasiswa Belajar, ITN Malang Kerjasama dengan Unmer Malang

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT (baju adat jawa) bersama Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE.,M.Si., menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) di Ruang Sidang Rektorat ITN Malang, Kamis (23/07/2020). (Foto: Yanuar/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dengan Universitas Merdeka (Unmer) Malang saling membangun kerjasama dalam pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan SDM serta dukungan program merdeka belajar dan kewirausahaan. Salah satu poinnya ITN Malang bersama Unmer Malang sepakat menandatangani nota kesepahaman dalam pertukaran mahasiswa belajar antar dua kampus. Memorandum of Understanding (MOU) dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat ITN Malang pada Kamis (23/07/2020).

“Sebagai perguruan tinggi kami saling mengisi dan membutuhkan. ITN dengan Unmer nanti akan ada pertukaran mahasiswa di tiap prodi masing-masing lima orang. Mahasiswa Unmer ke ITN, dan sebaliknya mahasiswa ITN ke Unmer. Kesempatan belajar mahasiswa ke luar kampus (ke kampus lain) kami fasilitasi. Tidak semua mahasiswa harus mengambil (ikut pertukaran mahasiswa), tapi ini sebagai fasilitas. Ketika ada mahasiswa yang menginginkan maka semua sudah siap,” tutur Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT, saat ditemui usai penandatanganan MoU.

Rektor ITN Malang (baju adat jawa) dan Rektor Unmer Malang bercengkerama akrab usai penandatanganan nota kesepahaman bersama. (Foto: Yanuar/humas)
Rektor ITN Malang (baju adat jawa) dan Rektor Unmer Malang bercengkerama akrab usai penandatanganan nota kesepahaman bersama. (Foto: Yanuar/humas)

Dikatakan rektor, ITN Malang sengaja bekerjasama dengan kampus dalam Kota Malang untuk meringankan biaya bagi mahsiswa. Kedepannya Kampus Biru akan memperbanyak kerjasama dengan perguruan tinggi, tidak hanya swasta tapi juga perguruan tinggi negeri.

“Kalau dibanding (kerjasama) dengan dunia industri ya tidak mudah (tidak sama). Industri di lapangan sepertinya belum membutuhkan kampus, tapi secara konsep harusnya membutuhkan. Namun, kebalikannya di lapangan masih banyak kampus yang membutuhkan industri dari pada industri yang butuh kampus,” lanjut rektor yang sekaligus ahli pengairan ini.

Baca juga: ITN Malang Digandeng Pemkab Manggarai Garap RTRW

Rencananya ITN Malang akan membuka kerjasama dengan semua kampus di Malang. Tidak menutup kemungkinan ITN Malang juga akan menjalin bekerjasama dengan kampus luar kota dalam hal pertukaran mahasiswa belajar. “ITN sudah kerjasama dengan beberapa kampus seperti di Surabaya dan Bali. Kami lihat nanti sebaran asal mahasiswanya, kalau pas mahasiswa pulang mereka bisa magang di sana,” pungkas Kustamar.

Sementara itu Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, MoU Unmer dengan ITN Malang merupakan bagian dari pelaksanaan program Kampus Merdeka. Antar kampus di Kota Malang sedang membangun jaringan dan bekerjasama dalam berbagai bidang.

“Kerjasama antar kampus di Kota Malang memungkinkan pelaksanaan student exchange, riset bersama, magang maupun kegiatan lainnya yang meningkatkan mutu mahasiswa dan dosen,” kata Anwar. (me/humas)

Baca juga: Sentra KI ITN Malang Beri Motivasi pada Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023