Prodi ITN Malang Dukung Giat Promosi PMB Melalui Pengembangan Media Sosial
Prodi penerima juara program Pengembangan Konten Media Sosial Prodi. Kika: Prodi Teknik Elektro S-1, Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D, Wakil Rektor 3 ITN Malang Dr. Hardianto, ST., MT., Prodi Teknik Mesin S-1, dan Prodi Teknik Arsitektur S-1.
Malang, ITN.IC.ID – Media sosial telah menjadi poros kehidupan sosial virtual semua kalangan. Semenjak kemunculannya pertama kali, media sosial telah menjadi wadah bagi individu mengaktualisasikan diri di dunia digital. Oleh karena itu, Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) memfasilitasi setiap prodi untuk ikut serta mengembangkan sosial media masing-masing.
Merujuk pada giat promosi dari Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITN Malang, setiap prodi di lingkungan ITN Malang diajak untuk ikut serta mengembangkan konten media sosial. Lewat media sosial, prodi bisa menunjukkan keunikan masing-masing sehingga masyarakat mendapat informasi dengan baik tentang keunggulan prodi.
Menurut ketua panitia kegiatan pengembangan konten media sosial, Bayu Teguh Ujianto, ST., MT., Indonesia adalah negara dengan tingkat literasi digital yang baik. Hampir 60 persen dari total penduduknya hidup dan beraktifitas di dunia maya. Oleh karena itu, demi memenuhi ketercukupan informasi seputar PMB ITN Malang, dipandang perlu bagi prodi untuk membuat konten medianya sendiri yang disesuaikan dengan kultur, keunggulan, dan brand image yang memadai.
Baca juga : Kenal Lebih Dekat ITN Malang, Tim PMB Undang MGBK SMK/SMA se-Kota dan Kabupaten Kediri
“Seperti diketahui, bahwa saat ini kehidupan sehari-hari kita tidak dapat lepas dari gadget. Mulai dari anak-anak hingga kalangan orang dewasa. Kami menyadari bahwa setiap anak usia sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi selalu memegang HP, jadi kami berpikir harus turut hadir dalam genggaman mereka,” paparnya.
Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D, memberikan penghargaan kepada prodi peraih juara. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)
Sejatinya kegiatan berkonten membutuhkan kreativitas dan kepekaan membaca tren konten terkini. Dengan prodi giat ikut serta berkonten bisa memberikan ruang bagi setiap prodi untuk berekspresi dan mengeksplorasi keutamaan prodi. Sekaligus menjadi upaya untuk memperkenalkan prodi masing-masing pada calon maba sesuai dengan konsep yang diinginkan.
Selain itu ia juga menuturkan, sebagai kampus yang berbasis teknologi ITN Malang harus selalu keep up dengan perkembangan teknologi terkini.
“Sebagai kampus teknologi kami harus selalu mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam hal berpromosi. Media iklan melalui media sosial terutama Instagram kami lihat mempunyai potensi yang sangat efektif dan efisien. Oleh sebab itu, kami ingin mendorong setiap prodi di lingkungan kampus ITN Malang untuk aktif menginformasikan semua kegiatannya melalui media sosial. Semoga dengan adanya program Pengembangan Konten Media Sosial Prodi ini, masyarakat luas dapat mengenal program studi yang ada di ITN Malang,” tutur dosen Prodi Arsitektur S-1 ini.
Baca juga : Undang Guru BK se-Kota Samarinda, dan Balikpapan, PMB ITN Malang Tawarkan Jalur Undangan
Ada beberapa kriteria penilaian dalam konten prodi, antara lain konten harus orisinal, kreatif, estetis, dan juga harus informatif. Tanpa keempatnya maka tujuan berkonten tidak akan tercapai. Konten juga bisa berupa infografis dan juga video.
Dari total puluhan karya yang dikumpulkan dan di post di akun media sosial setiap prodi ada tiga prodi yang mempunyai nilai plus dan berhak mendapatkan reward dari lembaga. Masing-masing adalah Prodi Arsitektur S-1 (juara 1), Prodi Teknik Mesin S-1 (juara 2), dan Prodi Teknik Elektro S-1 (juara 3). (Rini Anjarwati/Humas ITN Malang)