Campus Hiring Pusat Karir ITN Malang, Bantu Rekrutmen PT Smoore

Beti Yunita, Talent Acquisition Specialist PT Smoore Technology Indonesia memberi pengarahan pada campus hiring Pusat Karir ITN Malang, di Auditorium Kampus 1 ITN Malang, pada Kamis, (07/4/2022) lalu. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Bulan puasa tidak menyurutkan semangat Pusat Karir Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang untuk menggelar campus hiring. Bekerjasama dengan PT Smoore Technology Indonesia, Pusat Karir ITN Malang memfasilitasi work interview kepada hampir 40 job seekers, di Auditorium Kampus 1 ITN Malang, pada Kamis, (07/4/2022) lalu.

Work interview ini memang terbuka untuk umum. Tapi yang jelas kami maksimalkan dulu untuk alumni ITN Malang. Kebutuhan dari PT Smoore adalah lulusan strata satu, dan diploma tiga. Namun, saya lihat tadi ada lulusan SMK juga ikut ambil bagian. Tentunya yang diterima akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan,” ujar Hadi Surya Wibawanto, ST MT, Sekretaris Pusat Karir ITN Malang.

Menurut Hadi, campus hiring menjadi agenda rutin Pusat Karir ITN Malang. Bagi perusahaan yang ingin bekerjasama melakukan rekrutmen dengan pusat karir ada dua cara. Bisa dengan menitipkan flyer atau informasi kepada pusat karir, atau bisa juga melakukan rekrutmen secara langsung seperti dengan PT Smoore Technology Indonesia.

Baca juga : Walk in Interview PT Geotronix Pratama Jaring Tim di ITN Malang

“Kami menyesuaikan dengan permintaan pencari kerja. Biasanya mereka (perusahaan) yang menawarkan rekrutmen, kemudian kami tangkap dan kami fasilitasi. Sebenarnya pusat karir sudah memiliki agenda rutin rekrutmen melalui job fair. Tapi untuk interview biasanya sebulan sekali ada permintaan (dari perusahaan),” jelas dosen Teknik Sipil S-1 ITN Malang ini.

Dijelaskan Hadi, untuk perusahaan yang berkeinginan melakukan rekrutmen secara langsung bisa menghubungi Pusat Karir ITN Malang melalui WhatsApp atau email. Kalau keinginannya rekrutmen langsung, maka perusahaan bisa mengirimkan proposal, kemudian pusat karir akan membantu mulai perizinan kampus hingga publikasi.

Hadi Surya Wibawanto, ST MT, Sekretaris Pusat Karir ITN Malang. (Istimewa)

“Semoga dengan campus hiring semakin banyak alumni/ lulusan ITN Malang yang terserap di dunia kerja. Maka, akan dapat menjadi nilai persentase waktu tunggu dari lulusan. Sehingga, ITN bisa mencapai standar IKU (Indikator Kinerja Utama) yang ditetapkan Dikti. Hasil tersebut nantinya dapat berdampak baik untuk akreditasi institusi, dan program studi,” pungkasnya.

Ada lima posisi yang dibuka oleh PT Smoore Technology Indonesia dalam work interview. Yakni, production technicianquality process technician, warehouse sistem staff, warehouse admin and clove, dan warehouse liders.

Beti Yunita, Talent Acquisition Specialist PT Smoore Technology Indonesia mengatakan, PT Smoore saat ini sedang membutuhkan 1.500 tenaga kerja dari berbagai posisi. Ini untuk mengejar produksi perusahaan pada Juni 2022 nanti. “Kami sudah mulai rekrutmen sejak Desember tahun lalu (2021). Dan, setelah rekrutmen ini pada bulan Mei besok tenaga kerja akan langsung diikutkan training,” katanya.

Baca juga : Sumbangsih pada Almamater, Alumni ITN Malang Surabaya Raya Gelar Temu Akbar

Rekrutmen dalam bulan puasa bukannya tanpa hambatan. PT Smoore tetap melakukan rekrutmen, dengan mencoba peluang sekecil mungkin untuk mendapatkan karyawan. Beti memahami betul bahwa pelaksanaan rekrutmen saat ini bukan waktunya high season fresh graduate. Selain itu, dalam bulan puasa cenderung agak kesulitan job seekers ikut interview.

“Target terserap 50 persen dari jumlah pendaftar sudah cukup bagus. Karena juga publikasi yang cukup mendadak. Saya memaklumi, yang dari luar kota akan sulit melakukan cuti, dan lain-lain. Apalagi ini dilakukan di jam kerja. Kedepan kami akan melakukan perbaikan sistem rekrutmen di kampus,” pungkasnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print