ITN Malang Dampingi Pemkab Mahulu Menyusun Peta dan Pengelolaan Sistem Komunikasi dan Informasi Kebakaran dan Penyelamatan

Ketua Program Studi PWK ITN Malang, Dr. Agung Witjaksono, ST., MT, (dua dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mahulu, S. Lawing Nilas, S.Pd. Mereka diapit oleh Unggul Jimmi Anri Rindawan dari Mahakam Ulu (paling kiri), dan Sekretaris Program Studi PWK ITN Malang Ardiyanto Maksimilianus Gai, ST., M.Si., (paling kanan). (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mendapat kunjungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, Selasa, 19 April 2022.

Kunjungan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Mahulu tak lain adalah untuk koordinasi dan tindak lanjut dari surat permohonan kerjasama penyusunan Peta dan Pengelolaan Sistem Komunikasi dan Informasi Kebakaran dan Penyelamatan di Kabupaten Mahakam Ulu.

Ketua Program Studi PWK ITN Malang, Dr. Agung Witjaksono, ST., MT, didampingi Sekretaris Program Studi PWK ITN Malang Ardiyanto Maksimilianus Gai, ST., M.Si., menyambut secara langsung rombongan yang dikomandani oleh Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mahulu, S. Lawing Nilas, S.Pd.

Baca juga : Pengalaman Pendampingan RTRW, ITN Malang Siap Kawal Kabupaten Mahakam Ulu

Dr. Agung Witjaksono, ST., MT menyatakan, dengan modal pengalaman dan kapasitas SDM, ITN Malang akan mensupport keinginan Pemerintah Kabupaten Mahulu. Memperlancar kerjasama, maka Prodi PWK akan menggandeng Prodi Teknik Geodesi, dan Teknik Informatika untuk berkolaborasi.

Sekretaris Program Studi PWK ITN Malang Ardiyanto Maksimilianus Gai, ST., M.Si., (empat dari kiri) dan Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mahulu, S. Lawing Nilas, S.Pd. (tiga dari kiri), beserta rombongan. (Foto: Istimewa)

“Komitmen ITN Malang akan terus mendukung dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh Indonesia melalui berbagai kerjasama penelitian, dan pengabdian masyarakat. Untuk itu, kami akan mendorong semua lembaga di bawah naungan ITN Malang untuk selalu bekerja dengan hati, dan profesional dalam mendukung pengembangan dan pembangunan daerah, termasuk Kabupaten Mahakam Ulu,” tegas Agung.

Untuk itu Prodi PWK juga akan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITN Malang. Sehingga dapat ditindaklanjuti melalui perjanjian kerjasama dan kontrak kegiatan swakelola. Mendukung rangkaian kegiatan penyusunan Peta dan Pengelolaan Sistem Komunikasi dan Informasi Kebakaran dan Penyelamatan, maka PWK ITN Malang menugaskan Ardiyanto Maksimilianus Gai, ST.,M.Si sebagai koordinator kegiatan.

Baca juga : Siap Kuliah Luring, ITN Malang Terima Mahasiswa Beasiswa Utusan Daerah Gowa

Sementara itu Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mahulu, S. Lawing Nilas, S.Pd, sistem informasi ini sangat penting, dan urgen. Mengingat Kabupaten Mahulu termasuk Kabupaten dengan potensi bencana dan potensi kebakaran.

“Dengan sistem informasi ini kami harapkan dapat membantu pemerintah daerah, dan masyarakat dalam mendapatkan informasi terkait potensi bencana. Sistem informasi juga dapat menjadi acuan pemerintah dalam mengambil kebijakan-kebijakan penanggulangan bencana,” harap Lawing Nilas. (me/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print