Cangkruan ITN Malang, Kumpulkan Alumni Malang Raya

Nyoman Ariesta Hendrawan, ketua pelaksana Cangkruan Bersama ITN Chapter Malang. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Suasana berbeda terlihat di Kampus 1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Sepanjang jalan  depan gedung pascasarjana hingga hall Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) terpasang bendera segitiga warna-warni. Lampu hias berganti warna menghias podium yang telah disediakan. Sementara, musik mengalun merdu mengiringi hadirnya para tamu undangan dari alumni ITN Malang. Ikatan Alumni  (IKA) ITN Malang Chapter Malang hari itu, Sabtu (14/5/2022) menggelar acara ‘Cangkruan Bersama ITN Chapter Malang’. Acara yang sebelumnya sempat tertunda ini berjalan dengan lancar meski sempat gerimis.

Nyoman Ariesta Hendrawan, ketua pelaksana Cangkruan ITN Malang mengatakan, acara cangkruan selain untuk halalbihalal selepas Idulfitri 1443 H juga sebagai momen untuk menjalin silaturahmi setelah sekian lama tidak bertemu. Di cangkruan alumni juga akan berdiskusi, membangun koneksi bisnis internal alumni, serta bernostalgia kepada kampus lawas (lama). Acara cangkruan menjadi bagian eksistensi alumni Kampus Biru. Sebagai alumni teknik, bersama-sama ingin menunjukkan bahwa mereka mempunyai karakter yang terdidik oleh ITN Malang.

“Kami ingin menggali ikatan alumni, dan memunculkan orang-orang baru. Karena, pastinya semakin tahun alumni ITN Malang sudah bertambah banyak. Kami menerima alumni dari manapun untuk menggalang kekuatan. Menjadikan ikatan alumni sebagai jembatan penghubung antara alumni dengan kampus. Semoga yang datang hari ini bisa memberikan feedback yang baik dengan sesama alumnus, juga kampus,” ujar Nyoman.

Baca juga : Alumni se-Jabodetabek Gelar Reuni, Ungkap Keinginan Lahirnya Wadah Kolaborasi antar Alumni dan ITN Malang

Sebelumnya, kegiatan silaturahmi sudah diawali oleh Ikatan Alumni ITN Malang Chapter Kediri, Chapter Jakarta-Jabar-Banten, dan Chapter Surabaya, setelahnya baru Chapter Malang. Nyoman berharap capter wilayah lain akan mulai bermunculan.

“Harapan kami setelah ada Chapter Malang, maka chapter wilayah lain juga terbentuk. Sehingga kedepannya acara cangkruan bisa dilaksanakan untuk mengumpulkan alumni dari berbagai wilayah,” tandas alumnus Teknik Industri S-1 ITN malang angkatan ’91 ini.

Wakil Rektor III ITN Malang, Ir Fourry Handoko, ST SS MT Ph.D IPU (tiga dari kiri), dan Ketua P2PUTN Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT (paling kanan) mengikuti rangkaian acara Cangkruan ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Sementara itu Rektor ITN Malang, Prof Dr Eng Ir Abraham Lomi, MSEE yang berhalangan hadir menyambut alumni lewat rekaman video. Disampaikan rektor, saat ini institusi akan menghadapi kegiatan reakreditasi. Dimana salah satu poin penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah penelusuran data alumni, dan waktu tunggu pada saat alumni lulus hingga bekerja kali pertama.

“Dengan begitu, kami (institusi) sangat membutuhkan kerjasama yang baik dari alumni untuk memberikan informasi-informasi yang positif untuk membantu ITN Malang dalam meningkatkan akreditasinya,” harap rektor.

Selain itu, adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar di kampus lain dengan program pertukaran mahasiswa. Serta program magang di luar kampus selama tiga semester yang diakui sebagai bagian dari perkuliahan dan diberi pengakuan sebesar 60 SKS. Dengan begitu mahasiswa tidak hanya disajikan dengan mata kuliah yang membutuhkan kompetensi khusus, tapi lebih ke perluasan wawasan.

“Perluasan wawasan dengan magang di industri, juga kuliah di perguruan tinggi lain nantinya dapat memberikan warna dan corak tersendiri bagi ITN Malang. Apalagi mahasiswa akan mengenal budaya, dan karakter masyarakat Indonesia ditempatkan mereka mengikuti program MBKM. Untuk itu, peran alumni sangat dibutuhkan. Melalui komunikasi yang dibangun lewat pusat karir dan tracer study, wakil rektor III, atau para dosen yang masih membangun komunikasi dengan alumni,” pungkas rektor. Ia berharap acara cangkruan bisa menjadi kesempatan membangun silaturahmi dan membangun jaringan dengan kampus.

Baca juga : Sumbangsih pada Almamater, Alumni ITN Malang Surabaya Raya Gelar Temu Akbar

Mewujudkan Ikatan Alumni ITN Malang Nusantara menjadi target bagi Wakil Rektor III ITN Malang, Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Ir Fourry Handoko, ST SS MT Ph.D IPU. Untuk itu dalam dalam waktu dekat juga akan dibentuk IKA ITN Malang Chapter NTB, Kalimantan, Jawa Tengah, Batam, Bali, dan beberapa daerah lainnya.

“Mohon dukungan dari alumni, maki kita wujudkan IKA ITN Malang Nusantara untuk segera mungkin terbentuk. Tadi ada usulan sekitar bulan September-Oktober. Semoga bisa terlaksana,” ungkapnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print