Wujudkan Program MBKM, Empat Prodi FTI ITN Malang Teken PKS dengan STTR Cepu

Prodi FTI ITN Malang usai penandatangan PKS dengan Prodi STTR Cepu. Atas ki-ka: Kaprodi Teknik Mesin S-1, Kaprodi Bisnis Digital S-1, dan Kaprodi Teknik Elektro S-1 ITN Malang. Bawah ki-ka: Kaprodi Teknik Informatika S-1 ITN Malang, dan beberapa Prodi STTR Cepu. (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)


Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mempertegas kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu. Empat program studi dibawah naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI), ITN Malang melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan prodi di bawah naungan STTR Cepu secara daring melalui zoom meeting, Rabu (22/6/2022).

Prodi yang melakukan penandatanganan diantaranya, Prodi Teknik Mesin S-1, Prodi Teknik Elektro S-1, Prodi Teknik Informatika S-1, dan Prodi Bisnis Digital S-1, ITN Malang. Penandatanganan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari memorandum of understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Ir. Abraham Lomi, MSEE, dan Ketua STTR Cepu, Ir. Sarjono, M.Eng, pada Maret 2022 lalu.

Baca juga : Lanjutkan Bersinergi, ITN Malang dan Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu Teken Kerjasama

Wakil Ketua I STTR Cepu, Dr.Ir Agus Dwi Korawan MT menyatakan, MoU kurang maksimal kalau tidak dilanjutkan dengan kerjasama dalam tri dharma perguruan tinggi. Maka, penandatanganan PKS dititik beratkan pada implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), hal ini juga sesuai dengan keinginan Rektor ITN Malang.

“Kami mewakili akademika STTR mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar ITN Malang khususnya di fakultas teknologi industri. Kami menganggap FTI ITN Malang mitra yang tepat untuk kerjasama. Penandatanganan kerjasama kali ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani beberapa waktu lalu,” ujar Agus.

Suasana PKS Prodi FTI ITN Malang dengan Prodi STTR Cepu. (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)

PKS bertujuan terselenggaranya penelitian yang mendorong peningkatan kualitas SDM, dan menghasilkan karya ilmiah yang berdaya saing serta terwujudnya program MBKM. Meliputi, studi banding penyesuaian perubahan kurikulum bersama, pertukaran mahasiswa dan magang, public speaker dengan mendatangkan keynote speaker, pemateri dan atau narasumber.

Wakil Dekan 1, FTI, ITN Malang, Sibut, ST., MT menyambut baik PKS antara empat prodi FTI ITN Malang dengan prodi di  STTR Cepu. Sibut berharap implementasi perjanjian kerjasama nantinya bisa untuk mengembangkan masing-masing perguruan tinggi.

“Tindak lanjut dari kegiatan ini bisa diimplementasikan untuk pengembangan perguruan tinggi. Sehingga bisa membawa manfaat prodi yang ada di kedua belah pihak. Nanti, setelah penandatanganan bisa dilanjutkan dengan diskusi dari masing-masing prodi,” kata Sibut.

Baca juga : Sikapi Peluang Bisnis Digital, ITN Malang Buka Prodi Bisnis Digital S-1

Dalam PKS ini STTR Cepu juga membidik kerjasama dengan Prodi Bisnis Digital S-1, ITN Malang. Pasalnya STTR saat ini dalam proses mengusulkan prodi baru kepada kementerian. Meski Prodi Bisnis Digital ITN Malang belum satu tahun berjalan, Kaprodi Bisnis Digital, ITN Malang, Dr. Agung Panji Sasmito, S.Pd., M.Pd menyambut dengan terbuka kerjasama tersebut. Bahkan Agung menawarkan kerjasama dalam beberapa bidang seperti, kuliah tamu, workshop, dan sharing kurikulum.

“Untuk MBKM bisa pada wacana topik penelitian kolaborasi, abdimas kolaborasi, dan lainnya. Masalahnya di kami memang untuk saat ini prodi digital belum ada asosiasinya,” ujar Agung. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print