Back

Akbar Gaung Kembali Raih Prestasi, Empat Juara di Kejurnas Grasstrack GTX Region 3 Bali Nusra Putaran IV 2023

Abdul Hanif Akbar (Akbar Gaung) mahasiswa Teknik Mesin S-1 ITN Malang meraih empat juara pada Kejurnas Grasstrack GTX Region 3 Bali Nusra Putaran IV 2023, di Sirkuit Lantan 459 Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Istimewa)


  Malang, ITN.AC.ID – Akbar Gaung mahasiswa Teknik Mesin S-1 Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) kembali menorehkan prestasi. Kali ini pembalap yang memiliki nama lengkap Abdul Hanif Akbar ini meraih empat kejuaraan di Kejurnas Grasstrack GTX Region 3 Bali Nusra Putaran IV 2023, yang digelar di Sirkuit Lantan 459 Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (27/8/2023).

Akbar Gaung turun di enam kelas, dan meraih empat kejuaraan. Yakni, juara 1 Kelas Bebek Modifikasi 4 Tak s/d 125cc Pro (Race 1), juara 2 Kelas Bebek Modifikasi 4 Tak s/d 125cc Pro (Race 2), juara 2 Kelas Trail Standar 4 Tak 155 cc Pro (Race 2), dan juara 3 Kelas Trail Standar 4 Tak 155 cc Pro (Race 1).

Kejurnas Grasstrack  dibuka langsung oleh Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahridan dan diikuti oleh 130 pembalap dari Bali, NTB, dan NTT. Akbar Gaung sendiri merupakan pembalap binaan Bupati Lombok Tengah dari Tim Lantan 459 Lombok Tengah.

“Kelas tersulit bagi saya di kelas open, karena hampir semua peserta di kelas open berasal dari Pulau Jawa. Alhamdulillah berkat support semua pihak pada kejurnas kali ini bisa meraih prestasi lagi,” ujarnya saat dihubungi lewat sambungan whatsapp, Senin (28/8/2023).

Baca juga :  Keren! Abdul Hanif Akbar Raih Lima Kejuaraan Kejurnas Grasstrack Region 3 2023

Mahasiswa asal Sumbawa ini tidak mengalami kendala sepanjang balapan. Akbar Gaung mengaku sangat paham dengan racing line yang ada di Sirkuit Lantan. Pasalnya semenjak Sirkuit Lantan selesai dibangun, ia menjadi pembalap yang pertama kali mencoba sirkuit dengan lintasan balap sepanjang 1,7 kilometer, dan 18 tikungan ini.

“Saya yang pertama kali mencoba sirkuit. Saya sendiri sebagai tester sirkuit dan memberikan (informasi) kekurangan dan kelebihan sirkuit tersebut. Jadi, saya sudah hafal sekali karakter tanahnya,” ungkap Akbar Gaung.

Abdul Hanif Akbar meraih juara 1 Kelas Bebek Modifikasi 4 Tak s/d 125cc Pro (Race 1), Kejurnas Grasstrack GTX Region 3 Bali Nusra Putaran IV 2023. (Foto: Istimewa)

Menurutnya bagian Sirkuit Lantan yang menantang adalah pada jumpingan finish atau jumpingan terakhir. Dimana tempat tersebut kerap terjadi kecelakaan. Ini yang membuat Akbar Gaung selalu lebih waspada saat melewatinya. “Sampai saat ini alhamdulillah saya tidak ada kendala atau mengalami kecelakaan yang parah pada sirkuit Lantan 459,” jelasnya.

Apalagi setiap menghadapi kejuaraan Akbar selalu rutin berlatih, berolahraga di gym, serta jogging. Ia juga menjaga stamina dengan diet nasi merah satu bulan sebelum kompetisi. Diet nasi merah untuk menjaga asupan rendah kalori, namun padat gizi. Sehingga badan tetap terjaga karena berat badan pembalap harus aerodinamis, dengan berat badan tidak terlalu ringan atau berat.

Kemenangan Akbar Gaung pada kejuaraan kali ini menyusul prestasi sebelumnya yang ia raih di Kejurnas Grasstrack Region 3, Putaran II pada Juni 2023 lalu. Dimana ia meraih lima juara. Akbar sendiri telah meraih prestasi di motocross sejak 2017.

Menurut pengakuannya, keberadaan Sirkuit Lantan 459 membawa memori tersendiri bagi Akbar Gaung. Pengalamannya balapan di Pulau Jawa menjadikan Akbar mengenal banyak orang yang berpengalaman dalam bidang mendesain, membangun, serta mengelola sirkuit.

Baca juga : Mahasiswa ITN Malang ikut Meriahkan Acara BERISIK Malang 2023

“Awalnya teman saya menghubungi minta bantuan mencarikan pendesain sirkuit dari Pulau Jawa. Karena saya udah pengalaman balap di Jawa, jadi saya memiliki beberapa kenalan yang berpengalaman di bidang tersebut. Kontak itulah yang kemudian saya berikan ke teman saya yang kemudian diteruskan ke Bapak Bupati untuk tindaklanjuti,” tuturnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023