Back

Sarung Buatan Mahasiswa Bisnis Digital ITN Malang Bikin Penampilan Makin Ganteng

Tim P2MW 2024 Bisnis Digital ITN Malang. ki-ka: Muhammad Zidan Ardana, Ken Rao Irgi Canasta, Dian Prasetyo, Yusran Bin Acho, Setyaji Safa Bharanatya, bersama dosen pembimbing Reni Rupianti, SM., MM.


Malang, ITN.AC.ID – Sarung menjadi pakaian yang banyak dimiliki oleh para pria. Seiring berjalannya waktu, fungsi sarung tidak hanya untuk ibadah, atau sebagai selimut. Bagi sebagian orang sarung sudah menjadi bagian dari fashion yang digunakan di berbagai kegiatan. Selain motif sarung yang beragam, bentuk sarung pun kian mengikuti kebutuhan penggunaannya. Munculnya tren pakaian muslim kekinian berupa sarung celana yang menjadi alternatif bagi pria untuk tampil modis dalam kegiatan sehari-hari.

Menjawab kebutuhan tersebut, 5 mahasiswa Prodi Bisnis Digital S1, Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) membuat celana sarung cowok yang disingkat Carok. Mereka adalah Yusran Bin Acho (2219018), Ken Rao Irgi Canasta (2219013), Muhammad Zidan Ardana (2219005), Setyaji Safa Bharanatya (2219011), dan Dian Prasetyo (2219007). Dibawah bimbingan dosen Bisnis Digital, Reni Rupianti, SM., MM., Carok menjadi tahapan usaha awal penerima hibah kategori jasa, perdagangan, dan pariwisata, Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2024.

Mahasiswa dari Prodi Bisnis Digital mengangkat Carok sebagai inovasi elegansi budaya Topeng Malangan. Celana sarung cowok memiliki nuansa desain unik dengan mengangkat budaya Topeng Malangan yang dikombinasikan dengan motif batik Druju khas Kota Malang. Karakter Topeng Malangan di sarung bukan hanya sekadar aksesoris, tetapi memiliki nilai seni dan sejarah yang dalam. Hal ini menjadikan Carok sebagai media ekspresi budaya dan seni yang menarik.

“Kami percaya bahwa melalui sarung dengan model yang bervariasi karya kami tidak hanya menghadirkan sebuah produk fungsional, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan tradisi Malang. Harapannya Carok dapat membantu memperkenalkan kembali keindahan dan keunikan Topeng Malangan kepada masyarakat, serta mendorong apresiasi terhadap seni dan budaya lokal,” jelas Yusran Bin Acho ketua tim.

Baca juga:Trial Class Prodi Bisnis Digital ITN Malang Kenalkan Digital Marketing dan Trading untuk Pemula

Menurut Yusran, saat ini Topeng Malangan kurang banyak dikenal dan diminati oleh generasi muda. Topeng Malangan sering terabaikan karena kurang terekspose, dan kalah dengan maraknya kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Kebanyakan pemuda lebih tertarik pada tren dan hiburan yang sedang populer. Bahkan, ada yang beranggapan Topeng Malangan sebagai sesuatu yang kuno atau kurang relevan dengan gaya hidup saat ini.

Untuk itu, tim mahasiswa ITN Malang menciptakan celana sarung dengan konsep casual dan anti ribet sesuai dengan tren fashion saat ini. Carok memadukan desain yang khas dengan kebutuhan sehari-hari. Keunikan Carok terletak pada penggabungan budaya dan fashion, sehingga cocok dipakai untuk kegiatan santai di rumah, acara formal, atau bahkan kegiatan outdoor.

Tim P2MW Bisnis Digital ITN Malang saat menyerahkan secara langsung produk Carok kepada konsumen.

Carok berbahan dasar kain jenis toyobo yang berkualitas bagus. Katun toyobo merupakan salah satu jenis kain katun premium dengan tekstur yang halus, lembut, dan nyaman dipakai. Selain celana sarung, mereka juga menyediakan sarung konvensional. Carok di desain dengan tampilan sederhana dan mudah diingat karena hanya menyediakan dua warna, hitam dan putih.

Katun toyobo berwarna hitam dan putih polos setelah dijahit menjadi sarung atau celana sarung kemudian di sablon bagian bawahnya dengan karakter Arjuna dan Dewi Sekartaji. Karakter dua tokoh pewayangan ini sangat melegenda di Topeng Malangan. Sementara di bagian pinggir atas dan bawah di sablon dengan desain etnik batik Malangan. Untuk memproduksi Carok, Tim P2MW ITN Malang bermitra lokal dengan penjahit dan sablon Rafi Collection.

“Kami juga melakukan finishing. Mengecek detail produk apakah ada lecet atau tidak, dan melakukan uji kualitas produk. Setelah produk siap baru dikemas. Kolaborasi dengan mitra harapannya menjadi penunjang dan penjamin kualitas dari produk yang kami hasilkan,” bebernya.

Dikatakan Yusran, sarung dibandrol dengan harga 152 ribu rupiah, dan sarung celana 162 ribu rupiah. Sesuai misinya melestarikan budaya, maka target pasar adalah generasi muda. Sekaligus sebagai upaya mendorong pemuda untuk lebih mencintai produk lokal dan berkarakter budaya. Penjualan produk memanfaatkan platform digital dan untuk meningkatkan brand awareness, mereka juga ikut berpartisipasi dalam pameran seni dan budaya. Sebagai mahasiswa Prodi Bisnis Digital tentunya platform digital tidak asing lagi bagi mereka.

Baca juga:Tim Spectra Pyroengine ITN Malang Kembangkan Alat Pirolisis untuk Mengolah Sampah Plastik Jadi Crude Oil

“Penjualan mengikuti perkembangan teknologi, maka kami memanfaatkan toko online, media sosial, dan juga melalui mulut ke mulut. Penjualan dan promosi memang tidak cukup hanya dengan cara konvensional, untuk itu kami memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan brand awareness,” lanjutnya.

Karena usaha ini adalah usaha awal pastinya tantangan terberat adalah mengenalkan produk pada pasar. Carok saat ini sudah bisa dipesan lewat website malangcarok.my.id. “Kami berharap Carok dapat dikenal luas baik di dalam maupun luar negeri, serta mampu berkontribusi pada pelestarian budaya lokal dan meningkatkan ekonomi kreatif khususnya dalam mendukung pengrajin lokal,” tuntasnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang).

 

 

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023