Back

PKKMB 2024 ITN Malang, Rektor Dorong Mahasiswa Baru Kembangkan Potensi

Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D., (tengah) bersama jajaran rektorat dan dekanat membuka PKKMB 2024 ITN Malang.

Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) dengan bangga menyambut mahasiswa baru dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024, di Aula Kampus 1 ITN Malang pada Senin (02/09/2024). Mengangkat tagline “Find Your Talent, Create your Journey”, PKKMB diikuti ratusan Maba dari berbagai daerah.

Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D., menyambut Maba dengan harapan Maba kelak menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan sukses dalam karir. Sesuai tagline ITN Malang berharap Maba mampu mengembangkan dan mengoptimalkan potensi selama 4 tahun pendidikan di ITN Malang. Sehingga mereka bisa bersaing baik lokal maupun global.

“Selamat datang di kampus ITN Malang. Selama 4 tahun Anda akan menjadi mahasiswa yang menempuh pendidikan dan berjuang bersama di ITN Malang,” ujar rektor.

Menurut rektor, kehidupan kampus sangat berbeda dengan ketika masih di SMA atau SMK. Selama menempuh pendidikan di ITN Malang mahasiswa harus bisa mengembangkan diri, mengenali diri sendiri dan potensi diri. Bisa melengkapi semua kompetensi sebagai bekal untuk meniti karir dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di kampus. Harapan ini tercermin pada tema PKKMB 2024 “Achieve Success with The Courage To Dream and Act”.

Baca juga:ITN Malang Launching “ITN Metaverse and Immersive Technology Center” Pertama di Indonesia

Rektor juga mengingatkan kedepan persaingan semakin berat. Tidak hanya persaingan antar manusia namun juga dengan artificial intelligence/AI (kecerdasan buatan), ChatGPT, dan lain sebagainya. Persaingan tidak lagi sekedar lingkup Indonesia citizen tapi juga global citizen. Maka mahasiswa harus mempunyai kompetensi tambahan, mengembangkan soft skill dan hard skill selama kuliah.

ITN Malang melaksanakan PKKMB 2024 di Aula Kampus 1.

Untuk mendukung hal tersebut ITN Malang telah meng-upgrade sarana dan prasarana mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. ITN Malang telah membangun center of excellence (COE) atau pusat keunggulan inovasi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar sekaligus berkenalan dengan dunia praktisi dan profesional.

“Kami sudah siapkan metaverse, BIM (Building Information Modelling), smart grid, trading center di Bisnis Digital, manufaktur dan material forensik di Teknik Mesin, dan masih banyak lainnya. Semua kami siapkan untuk memberi keunggulan pada mahasiswa,” ungkapnya.

Materi PKKMB 2024 tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Mahasiswa baru dibekali dengan materi Anti Narkoba dari BNN Kota Malang, Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme dari Polresta Kota Malang, Anti Perundungan dan Kekerasan Seksual, dan lain-lain. Sementara di hari kedua materi berasal dari internal kampus, dan di hari ketiga dan keempat dari Rindam V Brawijaya.

Ketua Pelaksana PKKMB 2024 ITN Malang, Ida Soewarni ST., MT, menambahkan, PKKMB merupakan ajang bertemu dan perkenalan awal bagi mahasiswa baru dengan kampus. Maba akan menjalani PKKMB selama 5 hari, dengan rincian hari ke 1-4 akan mengikuti PKKMB institusi, dan di hari ke 5 dengan prodi masing-masing.

“Di momen ini Maba akan memperoleh informasi-informasi penting untuk bekal menempuh pendidikan di ITN Malang hingga selesai studi. Kami berharap Maba bisa mengikuti dengan seksama, penuh perhatian, semangat dan enjoy,” ujarnya.

Ida menjelaskan PKKMB tahun ini dikemas dengan santai, namun tetap dengan kedisiplinan. Maka di hari ke ketiga dan keempat PKKMB akan ada materi bela negara dari Rindam V Brawijaya, yang akan dikemas dengan cara-cara yang luwes, gembira namun tetap disiplin.

Baca juga : ITN Malang Gandeng Fibonacci Training Center Kerja Sama Proses Bisnis Trading, Sekaligus Resmikan Trading dan Business Simulation Center

“Semoga dengan PKMB semakin menambah rasa bangga mahasiswa kepada ITN Malang. Informasi-informasi yang diberikan bisa membantu mahasiswa melaksanakan studi secara baik, dan yang paling utama selesai studi tepat waktu,” tuntasnya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

 

 

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023