Back

Gereja St. Thomas Aquinas ITN Malang Gelar Empat Kali Misa Natal, Panitia Siapkan Celengan untuk Anak-Anak

Gereja St. Thomas Aquinas ITN Malang menggelar ibadah Natal 2022. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Gereja UP (Unit Pastoral) St. Thomas Aquinas, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar ibadah Natal 2022 secara luring. Gereja St. Thomas Aquinas termasuk dalam wilayah Gereja Paroki St. Albertus de Trapani Blimbing-Malang, menyelenggarakan empat kali Misa, pada Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 Desember 2022.

Misa Malam Natal pukul 16.30 wib, bersama RD. Yulius Agus Purnomo (Romo Kepala Paroki Gereja St. Albertus de Trapani Blimbing-Malang), dan pukul 19.00 wib, bersama RD. Agustinus Darmanto (Romo Moderator Gereja UP. St. Thomas Aquinas ITN Malang). Sementara, Misa Natal pukul 08.00 wib, dipersembahkan oleh RD. Agustinus Darmanto, dan pukul 10.00 wib, dengan RP. Bertolomeus A.S. KOWE.

J. Dwi Suhartono, Ketua Panitia Natal Gereja St. Thomas Aquinas ITN Malang menyatakan, pelaksanaan Misa tetap menerapkan standar protokol covid-19. Dengan mencuci tangan, memakai hand sanitizer, dan semua petugas liturgi serta umat yang datang menggunakan masker.

“Panitia juga menyiapkan tim kesehatan dan ambulan untuk mengantisipasi jika umat yang hadir membutuhkan pertolongan kesehatan,” katanya saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Selasa (27/12/2022).

Tema Natal yang telah ditetapkan PGI dan KWI adalah ‘Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain’. Tema ini memiliki makna yang sangat dalam dan dapat dipahami secara rohani. Sesudah bertemu dengan Yesus, orang tidak lagi menjalani hidup dengan cara lama, tetapi dengan cara yang baru, menjadi manusia baru.

“Natal juga mengajak kita untuk menemukan jalan baru dan kreatif dalam mewartakan kasih-Nya kepada sesama dan semua makhluk ciptaan-Nya. Sehingga kehadiran Allah Sang Kasih Sejati, dapat dirasakan oleh sebanyak mungkin orang,” lanjut Dwi.

Baca juga : Anak-anak TK Sekar Indah Asik Belajar dengan Mahasiswa PMM ITN Malang

Dwi menggambarkan suasana perayaan Natal di Gereja St. Thomas Aquinas berjalan dengan aman, tertib, lancar dan penuh suka cita. Panitia dan pengurus unit pastoral Gereja ITN Malang mendapatkan dukungan penuh dari Paroki St. Albertus de Trapani Blimbing-Malang dan bersinergi dengan civitas akademika ITN Malang.

Mahasiswa Katolik ITN  Malang  yang menjadi bagian dari civitas akademika ikut ambil bagian mempersembahkan koor pada Misa Malam Natal. Mereka bernyanyi dengan rancak. Serta menggunakan seragam dengan sentuhan etnik dari NTT yang dipadu padan dengan topi khas Santa Claus.

Kompak. Panitia Natal 2022 Gereja St. Thomas Aquinas ITN Malang. (Foto: Istimewa)

“Kami juga melibatkan dan bekerjasama dengan aparat keamanan dari Babinsa, Babinkamtibmas, satuan pengamanan dari kampus ITN Malang dan pengamanan internal gereja,” imbuhnya.

Ada yang unik pada Natal kali ini. Selain pernak pernik Natal menghiasi gereja sejak pintu masuk, di dalam ruang gereja, sampai ke altar gereja. Panitia juga menyediakan celengan yang diberikan kepada anak-anak setiap lingkungan. Celengan tersebut diisi persembahan, dan dibawa saat Misa Natal. Kemudian, dipersembahkan kepada kanak-kanak Yesus di dalam palungan.

Tidak hanya itu saja, panitia juga menyediakan foto booth di depan pintu masuk gereja samping kiri. Sehingga umat yang hadir terutama para milenial dapat mengabadikan kemeriahan Natal dengan berfoto di booth tersebut.

“Puji syukur, Natal tahun ini sesuai SE Kementerian Agama RI gereja diijinkan terisi 100 persen. Kapasitas di dalam gedung gereja 500 jemaat. Kami juga menambah tenda di depan dan samping gereja sebagai antisipasi umat yang tidak mendapat tempat duduk di dalam gereja ketika hujan, dan memudahkan panitia melakukan koordinasi,” bebernya.

Ada yang baru di Gereja St. Thomas Aquinas. Persis di depan gerbang pintu masuk utama gereja sudah dilengkapi dengan ram atau tangga untuk difabel. Tangga terlihat kokoh, cantik dan anggun yang dirancang oleh dosen ITN Malang.

“Tangga ini sangat membantu umat berkebutuhan khusus atau yang menggunakan kursi roda, dan lansia. Dibuat dengan ornamen arsitektur unik yang menyatu dengan tampilan gereja. Sehingga mempercantik tampilan luar bangunan gereja,” bebernya.

Baca juga : Sedekah Ramadan Bersama Alumni ITN Malang

Tahun ini ada dua lingkungan yang bergabung dengan Gereja St. Thomas Aquinas ITN Malang. Sehingga menjadi enam lingkungan, tentunya semakin memperkokoh kehidupan komunitas umat beriman di lingkungan UP St. Thomas Aquinas, dan menyemarakkan Liturgi Gereja. Kepanitiaan Natal juga saling bekerjasama, mendukung dan berkolaborasi dengan sangat solid. Hingga pada saat pelaksanaan ibadah Natal semua dapat dikerjakan bersama dan penuh suka cita.

“Saya selaku Ketua Panitia Natal Tahun 2022 merasa bangga terlibat dalam kepanitiaan ini, dan bangga berkolaborasi dengan civitas akademika ITN Malang,” tandas Dwi yang juga alumnus Teknik Industri ITN Malang angkatan ’87 ini. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023