Back

Kenalkan Budaya Smart Society Siswa SMA Nasional Kunjungi Fakultas Teknik Industri ITN Malang

Wakil Dekan 1 FTI ITN Malang, Sibut, ST MT (kanan) menyerahkan cinderamata Kepala Sekolah SMA Nasional Soni Syarifuddin, S.Pd, usai materi penjelasan masing-masing prodi. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Sebanyak 125 siswa berpakaian merah putih dan berjas terlihat memadati Ruang Amphi Lt 3 Gedung Elektro, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mereka adalah peserta didik baru SMA Nasional Malang yang dikenalkan dengan budaya smart society melalui rekayasa dan teknologi di Fakultas Teknik Industri (FTI) ITN Malang.

SMA Nasional masih satu keluarga dengan ITN Malang. Sama-sama dibawah naungan Yayasan Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN). Selain mendapat pengetahuan seputar prodi di ITN Malang, mereka juga berkesempatan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 0.5 MWp, dan melihat secara langsung power house PLTS milik ITN Malang. Power house merupakan bangunan tempat semua mesin dan peralatan pembangkit tenaga listrik tersimpan di dalamnya. 

Wakil Dekan 1 FTI ITN Malang, Sibut, ST MT mengatakan, ITN Malang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi sekolah SMA/SMK sederajat untuk berkunjung mencari pengalaman ke FTI ITN Malang. Dengan begitu para siswa akan mempunyai gambaran studi saat nanti meneruskan kuliah.

Baca juga : Para Pelajar Lakukan Penilaian Produk di Open House Teknik Kimia

“Dengan berkunjung ke kampus akan memotivasi para siswa agar mempunyai semangat belajar yang baik ke depan. Sehingga, mereka kedepannya memiliki harapan dan cita-cita untuk kuliah di jurusan yang sesuai passionnya,” kata Sibut saat ditemui di sela-sela kunjungan SMA Nasional, di kampus 2 ITN Malang, Selasa (19/7/2022).

Siswa SMA Nasional mengunjungi PLTS, dan mendapat penjelasan seputar PLTS ITN Malang dari kakak mahasiswa Teknik Elektro ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Kunjungan siswa SMA Nasional ini di dampingi langsung oleh Kepala Sekolah SMA Nasional Soni Syarifuddin, S.Pd, dan beberapa guru pendamping. Dikatakan Soni, SMA Nasional setiap awal tahun ajaran bagi siswa baru ada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dimana salah satu kegiatannya mengenalkan siswa baru kepada dunia perguruan tinggi.

“Jadi yang kami ajak kemari adalah siswa kelas 10 IPA, dan IPS. Mereka melakukan kegiatan pengenalan smart society melalui pengenalan teknologi. Agar anak-anak melek teknologi, dan nanti juga akan mempelajari tentang PLTS,” kata Soni.

Soni berharap kegiatan ini bisa memberi inspirasi siswa terhadap perguruan tinggi ITN Malang. Para siswa juga akan memiliki wawasan luas tentang teknologi. “Dengan kunjungan ke ITN Malang diharapkan anak-anak memiliki semangat belajar, dan terus berkarya. Sehingga, kedepannya bisa mencapai prestasi yang baik. Harapannya juga mereka nanti memilih masuk kuliah di ITN Malang,” pungkasnya.

Baca juga : Dukung Kesuksesan SMK PK Teknik EBT, SMK Negeri 5 Kupang NTT Gandeng ITN Malang

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru (LPMB) ITN Malang, Putri Herlia Pramitasari, ST MT, juga turut serta mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru kepada para siswa. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023