Pahami Digitalisasi Industri, Prodi Bisnis Digital ITN Malang Factory Visit ke Dua Perusahaan
Kaprodi Bisnis Digital S1, Dr. Agung Panji Sasmito, S.Pd., M.Pd., (empat dari kiri) menyerahkan cendera mata kepada perwakilan PT Indolakto, Pasuruan, Jawa Timur. (Foto: HMBD ITN Malang)
Malang, ITN.AC.ID – Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital S1, Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) melakukan kunjungan ke PT Amerta Indah Otsuka, dan PT Indolakto, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (09/12/2024). Factory visit ini merupakan kali pertama dijalan oleh Himpunan Mahasiswa Bisnis Digital (HMBD) ITN Malang bekerja sama dengan prodi.
Factory visit diikuti oleh 50 peserta dari berbagai angkatan, mulai angkatan 2021 hingga 2024. Selain mahasiswa juga ikut 5 dosen, dan laboran. Bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada digitalisasi industri terkait proses marketing, development produk, dan pemasaran kepada mahasiswa. Sementara pemilihan perusahaan didasari pada penerapan digitalisasi dalam bisnisnya. Hal ini sesuai dengan bidang ilmu Bisnis Digital ITN Malang.
Kaprodi Bisnis Digital S1, Dr. Agung Panji Sasmito, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, dengan factory visit mahasiswa semakin paham proses industri di kedua perusahaan tersebut. Kegiatan ini juga untuk mendukung mata kuliah manajemen operasional, manajemen strategi, serta yang paling utama sebagai salah satu contoh konkret mata kuliah manajemen pemasaran.
Baca juga : Teknik Informatika dan Bisnis Digital ITN Malang Teken MoA dengan National Dong Hwa University Taiwan
“Setelah kami kesana ternyata ada beberapa mata kuliah yang juga ikut didapatkan. Kami belajar artificial intelligence (AI) bisnis, dan internet of things (IoT) bisnis. Perusahaan sudah menetapkan kedua bidang tersebut,” ujar Agung saat dihubungi lewat sambungan Whatsapp, Rabu (12/12/2024).
Menurut Agung, banyak sekali benefit, dan hal-hal baru yang didapatkan dalam kegiatan tersebut. Harapannya ilmu yang diajarkan di perkuliahan bisa selaras dengan pelaksanaan di industri. Dan, nantinya akan diperkuat dengan kegiatan praktek kerja nyata (PKN) oleh mahasiswa di semester enam.
Mahasiswa Bisnis Digital S1 ITN Malang saat mengunjungi PT Amerta Indah Otsuka. (Foto: HMBD ITN Malang)
Agung berharap factory visit bisa dilakukan tiap tahun, serta mendapatkan mitra industri sesuai harapan Bisnis Digital, yaitu bisnis terdigitalisasi. “Semoga kedepan kami tidak kunjungan saja, namun juga industri yang terlibat bisa diajak kerja sama oleh institusi, dan prodi. Mahasiswa mendapat pengalaman praktis dari factory visit sehingga mahasiswa bisa lebih bermanfaat di masyarakat,” harapnya.
Yusran Bin Acho, Ketua HMBD ITN Malang menambahkan, PT Amerta Indah Otsuka merupakan produsen minuman kesehatan seperti Pocari Sweat, SOYJOY, dan lain-lain, sementara PT Indolakto merupakan salah satu produsen susu terbesar di Indonesia.
“Antusiase peserta sangat tinggi, mengingat kunjungan ini merupakan pengalaman pertama kami yang diinisiasi oleh HMBD sebagai bagian dari program pengembangan wawasan praktis. Selama kunjungan kami mendapatkan kesempatan berharga untuk melihat langsung manajemen operasional dan proses produksi dilakukan di pabrik tersebut,” kata Yusran.
Baca juga : ITN Malang Kolaborasi dengan MGBK SMK Kota Malang adakan Pelatihan Personal Branding dan Metaverse
Peserta menyaksikan bagaimana teknologi modern diterapkan dalam setiap tahap produksi. Mulai dari bahan baku hingga produk akhir yang siap didistribusikan. Selain itu, suasana pabrik yang sangat bersih, rapi, dan nyaman menambah kesan positif terhadap lingkungan kerja di perusahaan tersebut.
“Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa, tetapi juga menjadi momen inspiratif yang memperluas wawasan kami tentang dunia industri. Banyak dari peserta yang mengungkapkan rasa puas dan senang atas pengalaman yang didapatkan. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di masa mendatang,” kata Runner up 2 Duta Kampus ITN Malang 2023. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)